FADHILAH, NUR (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA PAPAN MATRIKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI KULON 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR FADHILAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
NUR FADHILAH. NPM 15120281. “Keefektifan Penggunaan Model
Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Papan Matriks terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd., Dosen
Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd. Desember 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar matematika siswa khususnya pada materi FPB dan KPK. Hal tersebut
terjadi karena kurangnya pemahaman siswa terhadap mengubah suatu bilangan
dalam faktorisasi prima dan tidak adanya media inovatif yang menunjang dalam
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran talking stick berbantu media papan matriks efektif terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang? Hipotesis
penelitian yaitu ada keefektifan penggunaan model pembelajaran talking stick
berbantu media papan matriks terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV
SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu
media papan matriks terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN
Tlogosari Kulon 01 Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan jenis pretest-
posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV
SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel yang
digunakan sejumlah 68 siswa, 36 siswa kelas IV A dan 32 siswa kelas IV B
dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Data dalam penelitian ini
diperoleh dengan melalui tes.
Hasil analisis dengan menggunakan uji beda, uji t, dan uji ketuntasan
belajar klasikal. Adapun untuk uji beda rata-rata kelas eksperimen 73,11 dan kelas
kontrol 67,21 sehingga bedanya yaitu 5,904. Untuk uji t diketahui thitung > ttabel
(2.013>1.997) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Diperoleh rata-rata uji ketuntasan
belajar klasikal (KBK) kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu
84%>64%. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick
berbantu media papan matriks efektif terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang.
Berdasarkan
hasil
penelitian
yang
diperoleh,
maka
peneliti
menyampaikan saran agar penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu
media papan matriks dapat dijadikan alternatif dalam melakukan pembelajaran
matematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7979 |