PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN BAGI SISWA KELAS IV SD

AGUSTINA, NUR EVA TRY (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN BAGI SISWA KELAS IV SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR EVA TRY AGUSTINA.pdf] Text
NUR EVA TRY AGUSTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NUR EVA TRY AGUSTINA.NPM 16120499. “Pengembangan model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter semangat kebangsaan
pada tema satu indahnya kebersamaan subtema dua kebersamaan dalam
keberagaman kelas IV SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya minat dan
kesiapan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Sedangkan rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter semangat kebangsaan
tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman bagi
siswa kelas IV SD?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter semangat kebangsaan
yang valid untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development ( R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan prosedur
pengembangan sampai tahap ke enam yaitu uji coba produk. Tahapan prosedur
pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi,
Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain dan Uji Coba Produk.
Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, wawancara angket dan
dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah 11
Semarang.
Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata hasil angket validasi
model sebesar 91, 67% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi dan hasil angket
validasi materi sebesar 90% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis
aktivitas jasmani dalam karakter semangat kebangsaan vallid digunakan dalam
pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah bagi guru,
penggunaan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter siswa sekolah
dasar dapat membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran serta
mengarahkan perhatian siswa sehingga siswa semangat dalam belajar dan dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Aktivitas Jasmani, Karakter Semangat
Kebangsaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:36
Last Modified: 19 Nov 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item
View Item