PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMA KARTIKA III-1 BANYUBIRU

PRADIKTA, BAGUS (2018) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMA KARTIKA III-1 BANYUBIRU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Bagus Pradikta.pdf] Text
Bagus Pradikta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bagus Pradikta. NPM 11110161. ”Pengaruh Layanan Informasi dengan
Media Audio Visual Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Kartika III-1
Banyubiru.” Chr. Argo Widiharto S.Psi., M.Si. selaku pembimbing I dan Ismah,
S.Ag., M.Pd. selaku pembimbing II Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2018+.
Penelitian dilatar belakangi oleh prestasi belajar siswa yang menurun. Hal ini
disebabkan oleh tidak adanya kreativitas belajar dalam diri siswa dan merasa bosan.
Sehingga siswa membutuhkan layanan informasi dengan menggunakan media audio
visual.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah pengaruh layanan
informasi dengan media audio visual terhadap kreativitas belajar siswa. Tujuan
penelitian untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa melalui layanan
informasi dengan menggunakan media audio visual.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas XII SMA Kartika III-1 Banyubiru dengan jumlah 178 siswa. Sampel yang
diambil dari dua kelas yang dibagi menjadi dua yaitu kelompok kontrol dengan 34
siswa dan kelompok eksperimen 35 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan
sampel Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian diperoleh melalui
instrument penelitian skala kreativitas belajar siswa dengan empat alternatif jawaban.
Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design.
Uji validitas instrumen penelitian menggunakan rumus Product Moment, dan
dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrument
diperoleh butir instrument yang valid 30 butir dan 10 butir tidak valid dengan
koefisien reliabilitas sebesar 0,329.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan
layanan informasi dengan media audio visual, menunjukkan adanya peningkatan
kreativitas belajar siswa kelas XII melalui layanan informasi dengan media audio
visual. Dari hasil pengajuan hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh
sebesar 2,45 sementara dengan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 2,04. Karena
2,45 > 2,04, maka dapat disimpulkan bahwa “layanan informasi dengan
media audio visual berpengaruh terhadap kreativitas belajar pada siswa kelas XII
SMA Kartika III-1 Banyubiru”.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru pembimbing hendaknya perlu
memprogramkan secara sistematis layanan informasi dengan media audio visual agar
siswa dapat meningkatkan kreativitas belajar.
Kata kunci : Layanan Informasi, audio visual, Kreativitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:36
Last Modified: 19 Nov 2024 06:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item
View Item