KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MONTASE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SD NEGERI CANDI 01 SEMARANG

LUQYANA P, NUR ANNISA (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MONTASE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SD NEGERI CANDI 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nur Annisa Luqyana.pdf] Text
Nur Annisa Luqyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NUR ANNISA LUQYANA P. NPM 16120294. “Keefektifan Model Project
Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa
Kelas 3 SD Negeri Candi 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I: Arfilia Wijayanti, S. Pd., M. Pd. Pembimbing II: Rofian, M. Pd.
2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang
antusias dan bersemangat dalam pembelajaran karena kurangnya alat pendukung
kegiatan pembelajaran sehingga membuat siswa pasif dan hasil belajar sebagian
anak belum maksimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
Model Project Based Learning Berbantu Media Montase efektif terhadap hasil
belajar tematik siswa kelas 3 SD Negeri Candi 01 Semarang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Model Project Based
Learning Berbantu Media Montase efektif terhadap hasil belajar tematik siswa
kelas 3 SD Negeri Candi 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen
Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu 3A dan 3B SD
Negeri Candi 01 Semarang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3A yang
berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas 3B berjumlah 25 siswa
sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
dokumentasi, dan tes.
Hasil analisis data uji normalitas akhir kelas kontrol dapat diketahui nilai
Lhitung < Ltabel maka H0 diterima, sehingga hasil postest kelas kontrol berasal dari
populasi yang berdistribusi normal. Selanjutnya hasil analisis uji t diperoleh thitung
= 2,3484 > ttabel = 2,021 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada hasil ketuntasan
klasikal kelas kontrol dengan persentase Postest 84% dan ketuntasan klasikal
kelas ekperimen dengan persentase Postest 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas eksperimen lebih baik dari kelas
kontrol karena keefektifan model project based learning berbantu media montase
efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 3 SD Negeri Candi 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran model project based learning berbantu media
Montase dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai model pembelajaran
yang menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Project based learning, Montase, Belajar Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:31
Last Modified: 19 Nov 2024 06:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7969

Actions (login required)

View Item
View Item