PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG

AULIA, NUR AINI RISKA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK JIGSAW TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NUSA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nur Aini Riska Aulia.pdf] Text
Nur Aini Riska Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nur Aini Riska Aulia. NPM 15110051: “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Jigsaw Terhadap Komunikasi
Interpersonal Siswa SMK Nusa Bhakti Semarang” Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2019. Pembimbing I Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M.Pd, pembimbing
II Chr. Argo Widiharto, S.Psi., Msi.
Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang memiliki komunikasi
interpersonal yang rendah dan kurang baik dengan gejala seperti tidak sopan
ketika berbicara terhadap guru, siswa lancar berkomunikasi dengan teman
akrabnya saja, sedangkan dengan orang lain siswa tidak bisa berbicara dengan
lancar, dan ada juga siswa yang tidak berani maju dan berbicara didepan kelas.
Dampak yang terjadi apabila komunikasi interpersonal antar siswa tetap di
biarkan kurang baik, maka kondisi belajar di kelas menjadi acuh tak acuh antar
siswa, tidak harmonis, tidak kondusif, dan adanya ketidaknyamanan antar siswa
di sekolah sehingga berujung kesalahpahaman yang mengakibatkan suatu konflik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
Quasi Experimental Design dengan model non equivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ dan XI AK dengan
jumlah 66 siswa. Kelas XI PM adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout.
Sampel dalam penelitian yaitu 16 siswa kelas XI SMK Nusa Bhakti Semarang
yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan SPSS
16.0 for windows dalam penelitian ini diketahui bahwa sig. (2tailed) sebesar 0,001
dengan signifikansi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa sig. (2tailed) (0,001) <
signifikansi (0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hipotesis
alternatif (Ha) yang berbunyi “pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik Jigsaw terhadap komunikasi interpersonal siswa SMK Nusa Bhakti
Semarang” sehingga Ha di terima dan Ho di tolak. Dengan demikian layanan
bimbingan kelompok dengan teknik Jigsaw dapat meningkatkan komunikasi
interpersonal siswa.
Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat
meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Jigsaw, bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:28
Last Modified: 19 Nov 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item
View Item