UPAYA GURU PPKN DALAM MEMBENTUK SISWA KELAS XI YANG BERKARAKTER KREATIF GUNA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMK N 1 REMBANG

Agnestia, Yola (2019) UPAYA GURU PPKN DALAM MEMBENTUK SISWA KELAS XI YANG BERKARAKTER KREATIF GUNA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMK N 1 REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yola Agnestia.pdf] Text
Yola Agnestia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Upaya Guru PPKn Dalam Membentuk Siswa
Kelas XI yang Berkarakter Kreatif Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Di
SMK N 1 Rembang. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa banyaknya
tenologi yang canggih membuat masyarakat harus mampu menghadapi tantangan-
tantangan yang ada dengan mengetahui berbagai kemungkinan yang akan terjadi.
Dengan demikian masyarakat lebih peka untuk dapat mengembangkan
kemampuan kreatif dalam dunia nyata yang dihadapi saat ini. Kemampuan
tersebut dapat dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di
lingkungan sekolah misalnya dengan membentuk kreatifitas anak yang dibantu
oleh upaya guru secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya
guru ppkn dalam membentuk siswa kelas xi yang berkarakter kreatif guna
menghadapi revolusi industri 4.0
Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian di SMK Negeri 1 Rembang. Fokus penelitiannya “Upaya Guru PPKn
Dalam Membentuk Siswa Kelas XI yang Berkarakter Kreatif Guna Menghadapi
Revolusi Industri 4.0 Di SMK N 1 Rembang” dengan lima indikator yaitu 1).
Memberikan penugasan kepada siswa, 2). Memberi kegiatan yang mengeksplore
pemahaman, 3). Menumbuhkan sikap yang komunikatif dan interaktif, 4).
Melalukan pendekatan pembelajaran, 5). Memperluas referensi dan memperkaya
IPTEK. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain sebagai berikut : 1). Memberi
penugasan kepada siswa untuk membuat mind mapping atau pemetaan pemikiran
yang dikaitkan dengan perkembangan tekonologi, 2). Memberikan kegiatan yang
mengeksplore pemahaman melalui kerjasama dalam kelompok kecil guna
menelaah sumber dari buku maupun internet untuk menyelesaikan tugasnya, 3).
Menumbuhkan sikap yang komunikatif dan interaktif melalui kegiatan diskusi dan
tanya jawab dalam suatu pembelajaran, 4). Melakukan pendekatan saintific yang
melibatkan semua siswa (siswa center), 5). Memperluas referensi dan
memperkaya IPTEK dengan menampilkan beberapa video kepada siswa dan
menampilkan ppt. Kesimpulan: guru sangat berupaya dalam membentuk karakter
kreatif siswa kelas XI guna menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu dengan
memberikan penugasan kepada siswa, dengan mindmapping, dengan kerjasama,
kegiatan diskusi dan tanya jawab, melakukan pendekatan scientific dan siswa
center, menampilkan video-video serta ppt tentang revolusi industri 4.0 dan
materi. Saran yang disampaikan penulis antara lain sebagai berikut : Sekolah
diharapkan diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada siswa mengenai
revolusi industri 4.0. Guru PPKn diharapkan bisa memberikan media
pembelajaran yang lebih kreatif dan inofativ serta mendukung dan membimbing siswa dalam mengembangkan kemampuannya. Siswa harus bisa menyadari
betapa pentingnya kreativitas belajar yang harus dimiliki oleh setiap siswa
Kata kunci: Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Karakter
Kreatif, Revolusi Industri 4.0

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:28
Last Modified: 19 Nov 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item
View Item