KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI BERBANTU MEDIA SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SAMBIYAN

ASTUTI, NUR AINI INDAH (2020) KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI BERBANTU MEDIA SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SAMBIYAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR AINI INDAH ASTUTI.pdf] Text
NUR AINI INDAH ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NUR AINI INDAH ASTUTI NPM 15120302 “Keefektifan Metode Inkuiri
Berbantu Media Smart Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1
Sambiyan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Choirul Huda, M.Si., M.Pd selaku
dosen pembimbing I dan Khusnul Fajriah, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing
II. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran yang
kurang menarik yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran yang menyebabkan sebagian besar nilai siswa
belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Masalah yang
dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan metode inkuiri
berbantu media smart card terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1
Sambiyan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan metode inkuiri berbantu media smart card terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN 1 Sambiyan tahun ajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan bentuk
pretest-posttest control grup design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV
SDN 1 Sambiyan dengan jumlah 19 siswa dan SDN 1 Karangasem dengan
jumlah 19 siswa.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
metode inkuiri berbantu media smart card efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 1 Sambiyan. Dilihat dari rata-rata pretest kelas
kontrol yang awalnya 53,9 dan kelas eksperimen 55,5 setelah dilakukan
pembelajaran rata-rata nilai posttest kelas kontrol menjadi 75,63 sedangkan pada
kelas eksperimen rata-rata nilai menjadi 82,89. Pada saat pretest kelas kontrol
yang berjumlah 19 terdapat siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa,
sedangkan pada kelas eksperiman siswa yang belum tuntas sebanyak 9 siswa.
Setelah dilakukan penelitian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen semua siswa
mendapatkan nilai yang tuntas. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir
yang telah dilakukan dengan menggunakan uji T bahwa hasil thitung>ttabel yaitu
2,574>2,021diperoleh thitung= 2,574 dengan db yaitu 19-1=18 pada taraf
signifikan α =5% diperoleh indeks ttabel = 2,021. Karena thitung >ttabel maka Ho
ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri
berbantu media smart card efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1
Sambiyan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode inkuiri berbantu media smart card dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru untuk mengajar pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku
maupun pada tema yang lain.
Kata kunci: metode inkuiri berbantu media smart card, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:26
Last Modified: 19 Nov 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item
View Item