KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SDN KENDALDOYONG 02

AFIFAH, NUR (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SDN KENDALDOYONG 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR AFIFAH.pdf] Text
NUR AFIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

NUR AFIFAH. NPM 16120284. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick
Berbantu Media Question Box terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 3
SDN Kendaldoyong 02”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Prof.Dr.A.Y.Soegeng Ysh., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Mudzanatun, S.Pd.,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pengetahuan siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka, kurangnya
pemahaman siswa dalam menerima materi, serta penggunaan metode
pembelajaran yang kurang bervariasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah
model pembelajaran talking stick berbantu media question box efektif terhadap
hasil belajar tematik siswa kelas 3 SDN Kendaldoyong 02? Hipotesis dalam
penelitian ini adalah ada keefektifan model pembelajaran talking stick berbantu
media question box terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 3 SDN
Kendaldoyong 02. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran talking stick berbantu media question box terhadap hasil belajar
tematik siswa kelas 3 SDN Kendaldoyong 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pretest-
posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN
Kendaldoyong 02 siswa berjumlah 20 dengan mengunakan teknik simple random
sampling. Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi, tes dan
dokumentasi.
Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai siswa kelas dengan model
pembelajaran talking stick berbantu media question box sebesar 83,9. Dalam
mengetahui pengaruh model pembelajaran adalah dengan menguji kriteria
ketuntasan minimum. Data yang diperoleh dari hasil belajar sebelum dan sesudah
diberi perlakuan dihitung dengan menggunakan uji-t. Uji-t digunakan untuk
mengetahui signifikan kelas eksperimen. Dengan kriteria jika thitung ≥ ttabel maka Ha
diterima dan H0 ditolak, jika thitung < ttabel maka Ha ditolak dan H0 gagal ditolak.
Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,625 sedangkan ttabel dengan db
= N-1 = 20-1 = 19, dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,024 . Karena thitung > ttabel
yaitu 2,625 > 2,024 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan
bahwa model pembelajaran talking stick berbantu media question box efektif
terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas 3 SDN Kendaldoyong 02 sebagai kelas
eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran talking stick berbantu media question box dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:23
Last Modified: 19 Nov 2024 06:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item
View Item