NITANO, YOHANA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Yohana Nitan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Yohana Nitano. NPM 15150002. “Analisis Kemampuan Literasi Melalui
Model Pembelajaran Sentra pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Taman Belia
Candi Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kemampuan literasi anak dengan
focus penelitian pada kemampuan membaca dan menulis melalui model
pembelajaran sentra. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK B kelompok
buncis yang berjumlah 8 anak. penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung,
wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian yang di temukan dalam model
pembelajaran sentra dapat memberikan dampak posetif terhadap kemampuan
membaca dan menulis anak kelompok buncis di mana pada tahap ini anak dapat
mengenal huruf besar dan kecil, mengerti urutan huruf dalam tulisan menggambarkan
urutan bunyi dalam ucapan, mengeja kata sederhana, mengenal huruf dan tanda-tanda
di sekitar, mengidentifikasi buku dari judul serta melakukan aktivitas yang berkaitan
dengan buku. Sedangkan pada tahap menulis anak sudah mampu menulis dengan cara
menggambar, menulis dengan cara menggores, menulis dengan cara membentuk
seperti huruf, menulis dengan cara menghasilkan huruf atau unit yang sudah baik
seperti menulis nama sendiri, menulis dengan mencoba mengeja satu persatu, menulis
dengan cara mengeja langsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7961 |