ACHMAIDAH, NUR (2020) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NONEXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUR ACHMAIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Nur Achmaidah. NPM 15410073 Penerapan Model Example Nonexample
dalam Pembelajaran Menulis puisi pada Peserta Didik Kelas X SMK
Muhammadyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agus
Wismanto, B.Sc., S.Pd., M.Pd. dan Pembimbng II Rawinda Fitrotul Mualafina,
S.S., M.A. Juli 2019.
Kata kunci: penerapan, model example nonexample, menulis puisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan menuangkan ide dalam
tulisan dan kurangnya pengetahuan tentang cara menulis pada peserta didik kelas
X SMK Muhammadyah 1 Semarang, khususnya menulis puisi. Melihat hal
tersebut, diperlukan upaya penerapan model pembelajaran yang sesuai dan tepat
untuk memudahkan menuangkan ide dan memahamkan cara menulis puisi. Model
yang diterapkan adalah model example nonexample.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
example nonexample dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas
X SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model example
nonexample dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK
Muhammadiyah 1 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini diambil dari seluruh peserta didik
kelas X SMK Muhammadyah 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri
atas 4 kelas, yakni akuntansi 1, akuntansi 2, pemasaran, dan animasi. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini, yakni kelas X Akuntansi 2 dengan jumlah peserta
didik sebanyak 37 orang. Pemilihan sampel dengan menggunakan simple random
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni teknik tes dan teknik
nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan soal untuk membuat puisi.
Adapun teknik nontes dilakukan dengan observasi terhadap peserta didik, angket
peserta didik, wawancara terhadap pendidik, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil persentase penelitian pada peserta didik kelas X SMK
Muhammadyah 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019, model example
nonexample dapat dilaksanakan dengan baik dan peserta didik aktif ketika
kegiatan pembelajaran menulis puisi berlangsung. Model example nonexample
dapat membantu peserta didik dalam menuangkan ide pada pembuatan sebuah
puisi. Hasil nilai menulis puisi kelas X akuntansi 2 dengan jumlah peserta didik
37 orang, bahwa terdapat 24 peserta didik yang masuk interval 100—85 dengan
persentase 64,86% dalam kategori sangat baik dan 13 peserta didik yang masuk
interval 84—70 dengan persentase 35,13% dalam kategori baik. Nilai rata-rata
pembelajaran mencapai 86 melebihi nilai kriteria ketuntasan minimum, yakni 70.
Dengan demikian, model example nonexample dapat diterapkan dalam
pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Muhammadyah 1
Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Saran yang dapat disampaikan adalah
pendidik dapat memilih beberapa model yang tepat dan sesuai dengan materi agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7960 |