NAIM, NUNUNG KHUSNUN (2020) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NU 6 KEDUNGSUREN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Nunung Khusnun.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nunung Khusnun Naim. NPM 15410213. “Penerapan Model Picture and Picture
dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII
SMP NU 6 Kedungsuren Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs.
Suyoto, M.Pd. dan pembimbing II Icuk Prayogi, S.S., M.A. Agustus 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan menulis siswa kelas
VIII SMP NU 06 Kedungsuren, khususnya keterampilan menulis teks persuasi.
Dengan kondisi tersebut, perlu diupayakan penerapan model yang tepat untuk
meningkatkan inovasi siswa, kreatifitas, ide, gagasan, dan antusiasme siswa.
Model yang digunakan adalah model Picture and Picture.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Picture and Picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks
persuasi pada siswa kelas VIII SMP NU 06 Kedungsuren tahun pelajaran
2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
Picture and Picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks persuasi pada
siswa kelas VIII SMP NU 06 Kedungsuren tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian
ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang berupa deskripsi narasi
bukan angka-angka. Metode penelitian kualitatif dangan pendekatan deskriptif
yaitu data yang bersifat deskriptif sehingga data yang terkumpul berbentuk
teks persuasi dengan kesesuaian judul, kelengkapan struktur, penggunaan ejaan
dan tanda baca, kaidah kebahasaan. Teknik nontes terdiri atas angket, dan
observasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP NU 6 Kedungsuren tahun
pelajaran 2018/2019 menggunakan model Picture and Picture pembelajaran teks
persuasi siswa diberi macam-macam gamabr yang ditampilkan secara acak. Dari
gambar yang ditampilkan tersebut siswa dapat menyusun gambar menjadi
sebuah teks persuasi, setelah selesai siswa presentasi dan guru menanyakan alasan
dari urutan gambar tersebut. Hasilnya siswa lebih baik dalam menuangkan ide,
gagasan, pikiran sehingga siswa semakin kreatif dalam menulis teks persuasi.
Selain itu siswa juga merasa lebih termotivasi, bersemangat, dan senang dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran. Saran guru harus menyiapkan banyak topik
yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa atau peristiwa yang sedang
hangat dibicarakan siswa, agar pembelajaran lebih mudah dipahami. Untuk
peneliti pada saat melakukan penelitian lebih baik sebelumnya mengamati kondisi
siswa dan situasi kelas agar peneliti lebih menguasai kekuragan dan kelebihan
siswa untuk mendukung jalannya kegiatan belajar mengajar di kelas.
Kata Kunci : Penerapan Model Picture and Picture, menulis teks persuasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:18 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7957 |