FITRIANTI, IKTA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG SEDERHANA KELAS V SDN BULUMULYO 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ikta fitrianti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
IKTA FITRIANTI. NPM 16120059. “Keefektifan Media Magic Box
TerhadapHasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang
Sederhana Kelas V Sdn Bulumulyo 01 Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Diana
Endah Handayani, S.Pd., M.Pd dan Drs. Suyitno YP, M.Pd. Juli. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar
peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu,ketika observasi pada
saat pembelajaran guru hanya menggunakan model ceramah, guru hanya berfokus
pada buku paket dan penjelasan guru belum mendalam hanya sesuai dengan
materi yang ada pada buku paket. Guru hanya menggunakan media papan tulis
untuk menggambar ataupun menjelaskan materi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Keefektifan Media Magic
Box berbantu model numbered heads together terhadap hasil belajar Matematika
Kelas V SDN Bulumulyo 01 Pati? Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk
mencapai rumusan masalah yang telah ditentukan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain atau
rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan berbentuk
One Group Pretest-Posttets Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas V SDN Bulumulyo 01 Pati yang berjumlah 20 peserta didik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, data yang diperoleh
tentang hasil perhitungan rata-rata nilai pretest yaitu 53,5 dan rata-rata nilai
posttest yaitu 72,25. Dari hasil perhitungan uji t dengan jumlah dk = 19 dan taraf
nyata maka diperoleh nilai ttabel 2,093, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung
= 30,485. Karena nilai thitung > ttabel yaitu 30,485> 2,093, maka hipotesis dapat
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media magic box berbantu
model numbered heads together efektif terhadap hasil belajar matematika materi
jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SD Negeri Bulumulyo 01 Pati.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Pembelajaran dengan menggunakan media magic box berbantu model numbered
heads together dapat dijadikan inovatif pembelajaran yang menyenangkan, aktif
serta kondusif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:19 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7956 |