Ikhtiarso, Yogie (2020) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTOMATISASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PETARUKAN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Yogie Ikhtiarso.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Yogie Ikhtiarso. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK
Negeri 1 Petarukan Pemalang”. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI
Semarang, 2020.
Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar
guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri
1 Petarukan Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Jurusan Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri 1 Petarukan berjumlah 106 siswa.
Sampel dalam penelitian sebanyak 106 siswa terdiri dari kelas X AP1 36 siswa,
kelas X AP2 35 siswa, dan kelas X AP3 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case
Study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.
Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Uji persyaratan analisis
data adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan
SPSS.20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru secara
simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 81,3% dengan
koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,813. Hasil uji F menunjukkan bahwa:
1) keterampilan membuka dan menutup pelajaran berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 15,2%; 2) keterampilan menjelaskan berpengaruh terhadap
prestasi belajar siswa sebesar 36,8%; 3) keterampilan memberikan variasi
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 16%; 4) keterampilan
memberikan penguatan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar
23,3%. 5) keterampilan bertanya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 34,7%; 6) keterampilan mengelola kelas berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 66%; 7) keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 64,2%; dan 8)
keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 67,3%. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan
diperoleh rata-rata nilai sebesar 79 di atas nilai KKM 75. Dapat disimpulkan
bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar siswa mata pelajaran Kearsipan kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK
Negeri 1 Petarukan Pemalang sebesar 81,3%. Pengaruh keterampilan mengajar
guru terhadap prestasi belajar siswa yang paling dominan, yaitu keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil berpengaruh sebesar 67,3%.
Kata kunci: Pengaruh, Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa,
Pelajaran Kearsipan, Otomatisasi Perkantoran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:15 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7953 |