ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SDN LAMPER TENGAH 02

BADRIYAH, NUNUK (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SDN LAMPER TENGAH 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUNUK BADRIYAH.pdf] Text
NUNUK BADRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

NUNUK BADRIYAH. NPM 15120488. “ Analisis Kesulitan Belajar Siswa
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III
SDN Lamper Tengah 02”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan
kemampuan berpikir dan beragumentasi, memberikan konstribusi dalam
penyelesaian masalah sehari-hari dan dalam dunia kerja, serta memberikan
dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada
pembelajaran matematika masih banyak siswa yang mengalami kesulitan.
Kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan, membuat siswa merasa
kesulitan dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi pecahan
Fokus penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan
soal cerita matematika pada materi pecahan kelas III SDN Lamper Tengah 02.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualititaif
deskriptif. Sumber informasi Siswa dan guru. Teknik pengumpulan data
mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan data dengan
cara triangulasi teknik dan sumber. Sedangkan teknik analisis data melalui tahap
reduksi data dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan adalah fakto intern
dan ekstern. Faktor intern meliputi: kesulitan memahami masalah dalam soal,
belum memahami konsep dan operasi hitung pecahan serta lupa, tidak teliti, dan
tergesa-gesa. Faktor ekstern meliputi: faktor guru. Solusi untuk mengatasi
kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi
pecahan adalah memperbanyak latihan mengerakan soal, memberikan penjelasan
menggunakan alat peraga konkret dan membuat soal cerita dengan bahasa
komunikatif.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disarankan agar guru diharapkan
dapat memahami diamana letak kesulitan siswa dan mempertegas kembali
pembelajaran tentang konsep dasar dan operasi hitung pada pecahan. Sehingga
kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi
pecahan dapat diatasi.
Kata kunci : Analisis kesulitan, soal cerita, dan materi pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:16
Last Modified: 19 Nov 2024 06:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item
View Item