IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI LITERASI BACA-TULIS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG

WINANDA, NOVITA (2020) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI LITERASI BACA-TULIS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NOVITA WINANDA.pdf] Text
NOVITA WINANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NOVITA WINANDA. NPM 15120080���Implementasi Gerakan Literasi Sekolah
Terhadap Kompetensi Literasi Baca-Tulis Berbasis Budaya Sekolah Kelas V
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang��� ���������
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Univesritas PGRI Semarang. 2019.
Konteks ini adalah Kecamatan Semarang Tengah memiliki 13 Sekolah
Dasar Negeri dengan program GLS yang telah di laksanakan. Peneliti memilih tiga
Sekolah Dasar Negeri yang secara aktif melaksanakan GLS berdasarkan lokasi
yaitu; SDN Karangkidul, SDN Pekunden, dan SDN Miroto.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan GLS pada siswa kelas
V di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah dan bagaimana wujud
pelaksanaan GLS dalam mengoptimalisasikan kemampuan literasi baca-tulis
berbasis budaya sekolah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Semarang
Tengah Kota Semarang?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui
pelaksanaan GLS dan wujud pelaksanaan GLS dalam mengoptimalkan kemampuan
literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah kelas V Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Semarang Tengah kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah
di ; SDN Karangkidul, SDN Pekunden, dan SDN Miroto. Sumber data penelitian
yaituKepala sekolah dan guru kelas V. Prosedur Pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan
data menggunakan cara triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Tahap penelitian
terdiri dari tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, penulisan
laporan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, secara menyeluruh
implementasi GLS memperoleh hasil persentase yaitu 95,45% artinya implementasi
GLS di SD Negeri Kecamatan Semarang Tengah terlaksana dengan sangat baik.
Implementasi literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah di sekolah Dasar Negeri
Kecamantan Semarang Tengah Kota Semarang telah terlaksana dengan baik,
adapun perolehan persentase yaitu 77,78%. Pelaksanaan GLS yang optimal mampu
mengoptimalisasi literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah kelas V di Sekolah
Dasar Negeri Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Hal ini tentu butuh
kerjasama yang baik antara semua individu, warga sekolah, dan elemen publik agar
mereka menjadi penyangga dan penjaga keberadaan dan kemajuan budaya baca-
tulis.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Literasi baca-tulis berbasis budaya sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:09
Last Modified: 19 Nov 2024 06:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item
View Item