PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

AMALIA, AYU RAHMA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AYU RAHMA AMALIA.pdf] Text
AYU RAHMA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa
macromedia flash berbasis PMRI pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII
dan mengetahui kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian
ini
merupakan
penelitian
pengembangan
dengan
model
pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation (ADDIE). Tahap analysis meliputi a) analisis kebutuhan siswa dan
b) analisis kurikulum c) analisis materi. Proses pada tahap desain meliputi: a)
pembuatan instrumen penelitian. Proses pada tahap pengembangan meliputi:
a) pembuatan perangkat pembelajaran b) pembuatan media pembelajaran; c)
validasi media; dan d) revisi media. Proses pada tahap implementasi meliputi:
a) uji coba media dan b) post-test. Proses pada tahap evaluasi meliputi: a)
evaluasi media oleh siswa dan b) analisis data hasil post-test.
Produk penelitian ini berupa media macromedia flash berbasis PMRI pada
materi SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas media
pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kriteria sangat baik
berdasarkan penilaian enam validator; (2) kualitas media pembelajaran dilihat
dari aspek kepraktisan termasuk dalam kriteria sangat baik berdasarkan hasil
respon siswa terhadap media pembelajaran; dan (3) kualitas media
pembelajaran dilihat dari aspek keefektifan menunjukkan bahwa media
pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatakan kemampuan berpikir
kritis matematika siswa. Keefektifan tersebut berdasarkan hasil post-test yang
menunjukkan persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa yang
telah mencapai KKM yang ditentukan.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran berbasis PMRI,
Macromedia Flash, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:13
Last Modified: 19 Nov 2024 06:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7946

Actions (login required)

View Item
View Item