HASTUTI, NOVITA DEWI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP NILAI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N KALIMANGGIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NOVITA DEWI HASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
NOVITA DEWI HASTUTI. NPM 16120363 “Keefektifan Model Pembelajaran
Think Pair and Share (TPS) Berbantu Media Animasi Terhadap Nilai Belajar IPS
Siswa Kelas IV SD N Kalimanggis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2020
Pada penelitian yang telah dilakukan didasari pada rendahnya nilai belajar
siswa, guru menggunakan media yang masih sederhana seperti gambar yang di print
out sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan, siswa masih kurang
aktif dalam mengikuti proses pembelajaran menyebabkan rendahnya nilai belajar
siswa yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) utamanya pada materi
IPS. Permasalah yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model
pembelajaran Think Pair and Share (TPS) berbantu media animasi terhadap nilai
belajar IPS siswa kelas IV SD N Kalimanggis?. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS)
berbantu media animasi terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD N Kalimanggis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen jenis kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian
Pre-
Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian seluruh siswa kelas IV SD N Kalimanggis yang berjumlah 18 siswa tahun
ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu seluruh
siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa tahun ajaran 2019/2020 dengan
menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian diperoleh nilai belajar siswa mengalami kenaikan dengan
nilai rata-rata kelas pretest sebesar 43,05555556 dan posttest sebesar 82,5.
Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t dengan N = 18 jadi db = N
– 1 diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,09968944 > 2,0232 maka H0 ditolak dan Ha
diterima artinya model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) berbantu media
animasi efektif terhadap nilai belajar IPS siswa kelas IV SD N Kalimanggis.
Saran yang ingin peneliti sampaikan yaitu model pembelajaran Think Pair
and Share (TPS) berbantu media animasi diharapkan dapat dijadikan solusi bagi guru
dalam melaksanakan proses pembelajaran agar siswa lebih aktif dan dapat
meningkatkan nilai belajar siswa utamanya pada materi IPS.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:03 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7944 |