APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA BAGIAN BARAT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

SULISTYOWATI, NOVIA (2020) APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA BAGIAN BARAT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Novia Sulistyowati.pdf] Text
Novia Sulistyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rumah adat adalah rumah yang memiliki ciri khas bangunan suatu daerah yang
melambangkan kebudayaan daerah itu sendiri. Rumah adat juga memiliki
keunikan dalam segi bentuk, fungsi dan makna dari bangunan tersebut. Sebagai
masyarakat Indonesia kita harus memperkenalkan salah satu kebudayaan yang ada
agar tidak dilupakan oleh masyarakat khususnya anak sekolah. Dilihat dari
perkembangan
teknologi
kita
harus
membuat
hal
yang
baru
dalam
memperkenalkan rumah adat. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SD IT BINA
INSANI guru – guru disana masih menggunakan media konvensional berupa
buku paket, buku tematik untuk proses belajar. Oleh karena itu, penulis membuat
sebuah aplikasi pendukung pembelajaran pengenalan rumah adat Indonesia bagian
barat menggunakan Augmented Reality yang dinamakan RA-IBB. Aplikasi ini
berbasis Android agar guru dapat dengan mudah menjelaskan materi tentang
rumah adat dan dapat memperlihatkan rumah adat dalam bentuk 3D tanpa harus
datang langsung ke provinsi tersebut. Dan untuk siswa agar dapat belajar rumah
adat dimana pun dan kapan pun. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode
waterfall untuk tahap pengembangan. Aplikasi RA-IBB berisikan materi – materi
tentang rumah adat Indonesia bagian barat beserta objek 3d nya dan soal kuis
yang menggunakan pengacakan soal dengan algoritma shuffle random. Algoritma
shuffle random merupakan pengacakan soal dari sebuah record atau array
.Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) bagi guru didapatkan hasil
dari beberapa aspek yaitu aspek desain menghasilkan presentase sebesar 91%,
aspek informasi aplikasi menghasilkan presentase sebesar 91.6% dan aspek materi
mengasilkan presentase sebesar 90.7% .Sehingga hasil tersebut dapat
dikategorikan sangat setuju.
Kata Kunci : Rumah Adat, Augmented Reality, Algoritma Shuffle Random

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 06:01
Last Modified: 19 Nov 2024 06:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item
View Item