NOSAWATI, IKHA VALENTA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN SISWA PADA MATERI FAKTOR KELIPATAN BILANGAN DI SD NEGERI PANGGGUNGROYOM 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IKHA VALENTA NOSAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
IKHA VALENTA NOSAWATI. NPM 16120098. “Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran
Siswa Pada Materi Faktor Kelipatan Bilangan Di SD Negeri Pangggungroyom
01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Joko Sulianto, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Mira
Azizah, S.Pd.,M.Pd. 2020.
Berdasarkan wawancara dan observasi siswa kelas IV sekolah dasar masih
adanya siswa yang merasa kesulitan belajar/memahami tentang materi faktor
kelipatan bilangan dikarenakan terbatasnya buku penunjang bahan ajar untuk
siswa. Oleh karena itu guru dan siswa membutuhkan adanya bahan ajar yang lebih
inovatif, kreatif dan menarik salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar
faktor kelipatan bilangan berbasis pendekatan open ended kelas IV sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah
ketersediaan bahan ajar open ended yang dapat meningkatkan penalaran siswa di
sekolah dasar saat ini? 2) Bagaimanakah prosedur pengembangan bahan ajar
berbasis pendekatan open ended pada materi faktor kelipatan bilangan ditinjau
dari validasi ahli? 3) Bagaimanakah kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan
open ended untuk meningkatkan penalaran siswa di sekolah dasar?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu
dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar
matematika berbasis pendekatan open ended hanya sampai pada tahap ke empat
yaitu Primary Field Testing. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini
dilaksanakan di SD Negeri Panggungroyom 01.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil dari ketiga
ahli materi menunjukkan rata-rata presentase 86,66% dan hasil dari ketiga ahli
media menunjukkan rata-rata presentase 87,57%. Hasil penilaian ketiga guru
kelas IV pada penilaian materi didapat hasil presentase 96,88% dan penilaian
media mendapat presentase 95,45%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “sangat layak”
untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas IV materi faktor kelipatan
bilangan.
Berdasarkan hasil penelitian,bahan ajar berbasis pendekatan open ended
materi faktor kelipatan bilangan dapat digunakan untuk meningkatkan
keterampilan siswa dalam pembelajaran kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Open Ended, Keterampilan
Penalaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 06:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7941 |