NINGRUM, NOVIA AYU PUSPITA (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NOVIA AYU PUSPITA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar
siswa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair and
Share pada materi struktur dan fungsi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1
Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan
menggunakan dua kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok
yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model
pembelajaran Two Stay Two Stray dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen II
dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share. Pengambilan sampel
menggunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster sampling. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis
menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t motivasi belajar siswa diperoleh
thitung = 2,681 dengan dk = 62 dan taraf signifikansi 0,05 didapatkan ttabel = 1,670,
sehingga thitung> ttabel yaitu 2,681 > 1,670 dan Ha dapat diterima. Hasil analisis uji t hasil
belajar kognitif diperoleh thitung = 3,339 dengan taraf signifikansi 0,05 dan dk = 62 maka
nilai ttabel = 1,670 sehingga thitung> ttabel yaitu 3,339 > 1,670 dan Ha diterima. Hasil
analisis uji t hasil belajar afektif diperoleh thitung = 2,664 dengan taraf signifikansi 0,05
dan dk = 62 maka nilai ttabel = 1,670 sehingga thitung> ttabel yaitu 2,664 > 1,670 dan Ha
diterima. Hasil belajar siswa akumulasi aspek kognitif dan aspek afektif kelas
eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 81,6, hasil belajar kelas eksperimen II diperoleh
nilai rata-rata 77,1. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan motivasi
dan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel dengan menggunakan model
Two Stay Two Stray dan Think Pair and Share di mana model pembelajaran Two Stay
Two Stray memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan Think Pair and Share untuk
mtoivasi belajar sebesar 74,22 > 70,12 dan hasil belajar siswa sebesar 8,16 > 77,1.
Kata kunci
: Two Stay Two Stray, Think Pair and Share, Motivasi, Hasil Belajar
Kognitif dan Afektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 05:54 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 05:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7939 |