PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Istiqomah, Noor (2020) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Noor Istiqomah.pdf] Text
Noor Istiqomah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Noor Istiqomah, NPM 15220094. “Pengaruh Intensitas Penggunaan
Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Disiplin Belajar
sebagai Variabel Moderating” Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2020.
Peneitian ini dilatar belakangi oleh penurunan kedisplinan belajar
mahasiswa diakibatkan tingginy penggunaan smartphone dan mahasiswa
terkadang tidak tertarik belajar menggunakan smartphone pada saat proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Menganalisis
pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar mahasiswa Program
Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 dan 2018. 2) Menganalisis disiplin
belajar dalam mempengaruhi hubungan antara penggunaan smartphone terhadap
motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2017
dan 2018.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif, yaitu data dalam bentuk angka yang dapat
dihitung. Data tersebut diperoleh melalui angket yang diberikan kepada 105
responden yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI
Semarang angkatan 2017 dan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket (kuesioner). Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Moderasi
atau Regression Moderates Analysis (MRA).
Hasil
penelitian
menunjukan
Intensitas
penggunaan
smartphone
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. dalam uji koefisien
determinasi pengaruh intensitas penggunaan smartphone berpengaruh 17,3%
terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI
Semarang. Sementara hasil uji koefisien determinasi regresi moderasi adalah
motivasi belajar dipengaruhi sebesar 49% oleh interaksi antara intensitas
penggunaan smartphone dan disiplin belajar. Hal ini berarti moderasi disiplin
belajar dapat memperkuat pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap
motivasi belajar.
Kata kunci: penggunaan smartphone, dsiplin belajar dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 05:17
Last Modified: 19 Nov 2024 05:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7936

Actions (login required)

View Item
View Item