PENGARUH JENIS KELAMIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN KEBANDARAN PEMALANG

OKTAVIANI, YESNY ROSITA (2020) PENGARUH JENIS KELAMIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN KEBANDARAN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YESNY ROSITA OKTAVIANI.pdf] Text
YESNY ROSITA OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Yesny Rosita Oktaviani, NPM 16120178. “Pengaruh Jenis Kelamin Siswa
Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Kebandaran Pemalang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M.Pd.,
Pembimbing II Mudzanatun S.Pd., M.Pd. Oktober. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Siswa perempuan lebih aktif dalam
kegiatan pembelajaran; (2) Hasil belajar IPA siswa antara siswa laki-laki dan
perempuan tidak seimbang.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh antar
jenis kelamin siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Kebandaran
Pemalang? Berdasarkan masalah diajukan hipotesis sebagai berikut: jenis kelamin
siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Kebandaran
Pemalang. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh jenis kelamin siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN
Kebandaran Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas V SDN Kebandaran Pemalang yang berjumlah 30 siswa.
Adapun jumlah siswa laki-laki yaitu 15 siswa dan jumlah siswa perempuan 15
siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V menggunakan teknik
sampling nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Data dalam penelitian
ini adalah hasil belajar IPA diambil dari nilai rapor aspek kognitif.
Desain penelitian menggunakan penelitian komparatif dengan analisis
statistik untuk mencari perbedaan diantara variabel-variabel yang diteliti. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi berupa
foto dan data nilai rapor IPA.
Berdasarkan analisis uji t satu pihak (pihak kanan) didapat thitung > ttabel
yaitu thitung= 2,236 > ttabel= 2,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
perbedaan jenis kelamin siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Perolehan ketuntasan belajar perorangan dalam siswa laki-laki yaitu 15 siswa
dengan nilai rata-rata 76,8. Sementara siswa perempuan sejumlah 15 siswa
dengan nilai rata-rata 80,67.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat penulis sampaikan
adalah hendaknya guru memperhatikan siswa baik perempuan maupun laki-laki
ketika kegiatan pembelajaran di kelas khususnya muatan IPA. Pembelajaran yang
menyenangkan dan efektif akan menstimulus siswa untuk belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:49
Last Modified: 19 Nov 2024 04:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item
View Item