PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Yanti, Yenni Asma (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yenni Asma Yanti.pdf] Text
Yenni Asma Yanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video
pembelajaran matematika melalui model pembelajaran flipped classroom di
Sekolah Menengah Kejuruan. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah
berupa produk video pembelajaran yang valid , praktis dan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model
ADDIE ( Analysis , Design ,Development,Implementation,Evaluation ).
Pengembangan video pembelajaran matematika melalui model pembelajaran
flipped classroom di Sekolah Menengah Kejuruan teruji valid berdasarkan ahli
media sebesar 82%, oleh ahli materi sebesar 79% , dan valid oleh ahli desain
pembelajaran sebesar 81%. Media video pembelajaran matematika tersebut juga
praktis untuk digunakan dilihat dari respon siswa sebesar 81%. Media video
pembelajaran efektif digunakan dilihat dari perbedaan hasil belajar kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan rata-rata 82,93 pada kelas
eksperimen dan 59,48 pada kelas kontrol dan diperoleh variabel keaktifan siswa
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Ŷ =
73,86 + 4,45 X dan pengaruhnya sebesar 43%, serta ditunjukkan dengan uji
ketuntasan dengan rata – rata 96,77 artinya telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan data tersebut media video pembeajaran matematika melalui model
pembelajaran flipped classroom valid, praktis , dan efektif.
Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Model Flipped Classroom,
Efektifitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:47
Last Modified: 19 Nov 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item
View Item