PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA LEDUSA TEMA 3 KELAS IV SDN KEMBANGSARI 01 SEMARANG

PARMAWATI, AYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA LEDUSA TEMA 3 KELAS IV SDN KEMBANGSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ayu Parmawati.pdf] Text
Ayu Parmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

AYU PARMAWATI. NPM 14120385. “Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3 Kelas
IV SDN Kembangsari 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penerapan guru
damam pembelajaran tematik menggunaka model kooperatif masih kurang
dimana siswa hanya diajak berdiskusi saja dan kurang adanya ketertarikan siswa
dalam proses pembelajaran karena guru belum menyediakan media yang nyata
dapat dipegang atau dimainkan oleh siswa, hal ini menyebabkan hasil belajar
siswa kurang dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah senilai 60, sebanyak
12 siswa dari 24 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pembelajaran
tematik tema 3 .
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk motode penelitian pre-
eksperimental designs. Desain yang digunakan pada penelitian adalah one-group
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV
SDN Kembangsari 01 Semarang sehingga sempel yang digunakan sama dengan
populasi sebab kurang dari 100 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes, dokumentasi, dan observasi.
Hasil analisis uji t di dapat nilai t = -3,15637 < ttabel = 2,06, dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya rata-rata hasil post-test
lebih baik daripada pre-test, prosentase ketuntasan pre-test 50% dan post-test
83,3% dimana nilai KKM dari sekolah adalah 60, pada awalnya 12 siswa atau
50% diatas KKM menjadi 24 siswa atau 100% perhitungan diatas KKM.
Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game
Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3 berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament dan Media
Ledusa dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, team game tournament, ledusa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:46
Last Modified: 19 Nov 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7928

Actions (login required)

View Item
View Item