ARDIANI, NIDA KHOFIYYA (2020) FAKTOR-FAKTOR TIMBULNYA PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NIDA KHOFIYYA ARDIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
NIDA KHOFIYYA ARDIANI. NPM 15110087. “Faktor-faktor Timbulnya
Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Semarang”. Skripsi.
Program
Studi
Bimbingan
dan
Konseling
Fakultas
Ilmu
Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I Heri Saptadi
Ismanto S.Pd, M.Pd, Kons. Dosen pembimbing II Ismah S.Ag., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya perilaku bullying
pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Dengan adanya perilaku tersebut
maka muncul keinginantahuan dari peneliti terkait factor-faktor penyebab
timbulnya perilaku bullying. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah
faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan timbulnya perilaku bullying pada
siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan secara
triangulasi (gabungan) melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek utama dalam
penelitian ini adalah 2 siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Semarang dan subjek
pendukung
adalah
orang
tua,
guru,
dan
teman
dekat
subjek.
Hasil analaisis berdasarkan wawancara dengan subjek utama dan subjek
pendukung menunjukkan bahwa faktor penyebab timbulnya perilaku bullying
yang terjadi pada siswa yaitu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal,
yang dimana faktor internal terdiri dari faktor psikologis dan fisik, sedangkan
eksternal dari faktor social dan latar belakang ekonomi. Dalam penelitian ini
faktor yang paling dominan adalah faktor internal yaitu faktor psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan salah satunya guru
harus lebih memperhatikan siswa, sering diadakannya pertemuan antara wali kelas
dengan siswa maupun guru BK dengan siswa, dengan begitu siswa bias
mengungkapkan setiap permasalahannya dan guru bias tahu setiap permasalahan
yang terjadi kepada siswanya.
Kata Kunci : Perilaku, Bullying
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7927 |