Nurjana, Ike Purnawati (2020) PROFIL PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ike Purnawati Nurjana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ike
Purnawati
Nurjana.
PROFIL
PROSES
BERPIKIR
KREATIF
MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DALAM
PEMECAHAN
MASALAH
MATEMATIKA
DITINJAU
DARI
ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (Penelitian dilakukan SMP Negeri 10 Semarang
Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Semarang : Fakultas Pendidikan
Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi. Universitas PGRI
Semarang, Juni 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil proses berpikir
kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan
bangun ruang sisi datar dengan berpandu model Wallas pada siswa ber AQ : (1)
tinggi (2)sedang (3)rendah
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran
2019/2020 pada kelas VIIIC dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian menggunakan 3 orang siswa yaitu siswa ber AQ tinggi, sedang,
dan rendah. Data mengenai tingkat AQ menggunakan skor AQ yang didapat dari
hasil mengisian Angket ARP (Adversity Response Profile), sedangkan data untuk
profil berpikir kreatif matematis diperoleh dari wawancara mendalam berdasarkan
hasil tes tertulis siswa. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis
data dilakukan melalui langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data,
menyusun data dalam satuan-satuan, dan memeriksa keabsahan data.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa proses berpikir kreatif berpandu
model Wallas (a) siswa yang ber AQ tinggi berada pada tingkat 4 yaitu kreatif,
(1)Persiapan, siswa mampu mempresentasikan soal dengan pemikirannya sendiri
dan memahami informasi awal dengan baik sehingga mampu mengkaitkan
informasi yang sudah ada dengan informasi yang sudah ada dengan materi yang
pernah dipelajari, (2)Inkubasi, siswa diam sejenak dan berpikir mengkaitkan
permasalahan yang diberikan dengan informasi yang sudah didapatkannya untuk
memunculkan ide, (3)Illuminasi, siswa mendapatkan ide dan bisa menjalankan
idenya dengan baik sehingga mendapatkan jawaban yang benar, (4)Verifikasi,
siswa memeriksa kembali jawaban-jawabannya dan mendapatkan ide lain namun
ditinggalkan karena dianggap rumit. (b)siswa yang ber AQ sedang berada pada
tingkat 3 yaitu cukup kreatif, (1)Persiapan, siswa mampu mempresentasikan soal
dengan pemikirannya sendiri dan memahami informasi awal dengan baik
sehingga mampu mengkaitkan informasi yang sudah ada dengan informasi yang
sudah ada dengan materi yang pernah dipelajari,(2) Inkubasi, siswa diam sejenak
dan mengalihkan perhatiannya dari soal dengan membaca kembali soal kemudian
barulah memikirkan ide untuk memecahkan masalah dengan mengaitkan materi
yang pernah ia dapatkan dengan soal yang ada, (3)Iluminasi, siswa mendapatkan
beberapa ide pemecahan masalah dan dapat menjalankan ide nya dengan benar
iv
sehingga mendapatkan jawaban dengan benar.(4)Verifikasi, siswa tidak
memeriksa kembali jawaban yang didapatkannya. (c)siswa yang ber AQ rendah
berada pada tingkat 2 yaitu kurang kreatif, (1)Persiapan, siswa kurang mampu
mempresentasikan soal dengan pemikirannya sendiri dan tidak memahami
informasi awal pada soal sehingga tidak bisa mengkaitkan informasi yang ada
dengan materi yang pernah diajarkan, (2)Inkubasi, siswa diam sejenak, kemudian
memikirkan ide menyelesaikan masalah dengan mengaitkan informasi awal
dengan materi yang pernah diperoleh, (3)Iluminasi, siswa mendapatkan ide yang
salah dan menjalankannya sehingga mendapatkan jawaban yang salah,
(4)Verifikasi, siswa tidak memeriksa kembali jawabannya.
Kata Kunci : Proses Berpikir Kreatif, Model Wallas, Adversity Quotient (AQ)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7925 |