ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Wardhani, Nenny Kusuma (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nenny Kusuma Wardhani.pdf] Text
Nenny Kusuma Wardhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam
menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan
Field Dependent pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada
siswa kelas IX SMP Negeri 1 Keling Jepara tahun ajaran 2020/2021. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan
dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan
triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya
kognitif Field Independent mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO
(Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview), sedangkan siswa dengan
gaya kognitif Field Dependent hanya dapat memenuhi dua dari enam indikator yaitu
Focus dan Reason.
Kata Kunci: Analisis; Berpikir Kritis; Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:43
Last Modified: 19 Nov 2024 04:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item
View Item