KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 02 KWASEN KABUPATEN PEKALONGAN

TINA, AYU INTAN (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 02 KWASEN KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ayu Intan Tina.pdf] Text
Ayu Intan Tina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ayu Intan Tina. NPM 15120237. Keefektifan Model Pembelajaran
Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V
SDN 02 Kwasen Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing 1 : Ervina Eka Subekti, S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Anggun
Dwi Setya Putri, S.Pd.,M.Pd. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN
02 Kwasen Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS). Hal tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan model ceramah
dan mengalami kendala dalam penerapan model, metode, serta media yang sesuai
dengan materi pelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran
Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa
kelas V SDN 02 Kwasen Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horay
terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 02 Kwasen
Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 02
Kwasen Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan
teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil analisis pretest diperoleh hasil ketuntasan belajar 15 siswa yang
tidak tuntas dengan persentase (75%) sedangkan ada 5 siswa yang tuntas (25%).
Hasil posttest dengan diterapkan model pembelajaran Course Review Horay
diperoleh hasil ketuntasan belajar 16 siswa yang tuntas dengan persentase (80%)
sedangkan ada 4 siswa yang tidak tuntas (20%). Hal ini menunjukkan terdapat
perbedaan ketuntasan belajar siswa pada hasil belajar pretest dan posttest. Hal ini
terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil
> yaitu 9,034 > 1,729 pada taraf signifikan 5%, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar
mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 02 Kwasen Kabupaten Pekalongan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyampaikan saran
agar model pembelajaran Course Review Horay dapat dijadikan alternatif dalam
pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:41
Last Modified: 19 Nov 2024 04:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item
View Item