CHORIAH, AULIA SHERY (2020) NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AULIA_SHERY_CHORIAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya suatu pendidikan yang bukan
semata-mata pendidikan memiliki fungsi mencerdaskan manusia. Namun,
pendidikan juga memiliki fungsi yang lebih penting yaitu dapat menjadikan
manusia yang baik yaitu memiliki budi pekerti baik. Apalagi di zaman sekarang,
di mana karakter manusia kini semakin rendah akibat globalisasi. Dampak
tersebut tentu menjadi ancaman bagi moral anak bangsa. Maka pendidikan
karakter dapat dijadikan sebagai langkah untuk mencegah merosotnya pendidikan
karakter pada anak bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai
pendidikan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais
dan psikologi kepribadian (Id, Ego, Super Ego) tokoh utama? Adapun tujuan
penelitian untuk untuk mendiskripsikan nilai pendidikan dalam novel 99 Cahaya
di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan psikologi kepribadian (Id, Ego,
Super Ego) tokoh utama.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode pendekatan kualitatif, yang berupa deskripsi narasi bukan angka-angka.
Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif yaitu data yang bersifat
deskriptif sehingga data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar. Dari
hasil data yang diperoleh kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan
dideskrisikan.
Teknik penyajian data berupa tabel digunakan untuk menganalisis data
kualitatif. Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik kualitatif adalah
peneliti membaca novel secara cermat dan berulang-ulang. Dari pembacaan
berulang-ulang tersebut, peneliti mendapat pemahaman data yang diperlukan.
Data yang sudah didapatkan kemudian akan dicatat dan dikumpulkan.
Dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan adanya nilai-nilai
pendidikan dan psiologi kepridadian tokoh utama. Saran yang dapat penulis
sampaikan adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu refensi
dalam melakukan penelitian yang hampir sama. Sedangkan untuk guru bahasa
Indonesia agar menggunakan novel 99 Cahaya di Langit Eropa sebagai bahan ajar
pembelajaran sastra di sekolah.
Kata kunci: nilai pendidikan, karya sastra, novel, psikologi sastra
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7916 |