OKTAVIANINGSIH, IKA (2020) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK TLOGOSARI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IKA OKTAVIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Ika Oktavianingsih. NPM 15410230. “Penerapan Model Think Talk Write
Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Peserta Didik Kelas X SMK
Tlogosari Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Pembimbing I Dr.
Ngatmini, M.Pd. Pembimbing II Dra. H.R. Utami, M. Hum. Oktober 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan minat peserta didik
dalam menulis, khususnya keterampilan menulis teks eksposisi. Adanya kondisi
seperti itu, perlu diupayakan penerapan model yang sesuai untuk meningkatkan
keterampilan menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMK Tlogosari
Semarang yang diterapkan adalah model TTW (Think Talk Write). Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Think Talk
Write dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas X SMK Tlogosari
Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write dalam pembelajaran menulis
teks eksposisi kelas X SMK Tlogosari Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa hasil tes peserta didik
dalam menulis teks eksposisi dan hasil non tes yaitu observasi, angket, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil yang sudah diperoleh kemudian diolah dan dideskripsikan
untuk mengetahui model Think Talk Write yang diterapkam dalam pembelajaran
menulis teks eksposisi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil kemampuan kognitif
(pengetahuan) peserta didik dalam materi menulis teks eksposisi dengan
menggunakan model think talk write diperoleh nilai tertinggi adalah 95, sedangkan
nilai terendah adalah 70. Adapun jumlah nilai keseluruhan adalah 2,972 dengan
nilai rata-rata 85. Sedangkan hasil kemampuan psikomotorik (keterampilan)
menulis teks eksposisi dengan menggunakan model think talk write diperoleh nilai
tertinggi 95, sedangkan nilai terendah 70. Adapun jumlah nilai keseluruhan adalah
3070 dengan nilai rata-rata 87,71. Melihat hasil belajar peserta didik yang
semuanya di atas KKM maka model think talk write dalam pembelajaran menulis
teks eksposisi dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas
X SMK Tlogosari Semarang tahun pelajaran 2019/2020 dapat diterapkan.
Kata kunci: penerapan, menulis teks eksposisi, model Think Talk Write.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7914 |