JANAH, NELI AFIATUN (2020) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NELI AFIATUN JANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Neli Afiatun Janah, NPM 15410069, “Penerapan Model Think Talk
Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X
SMA Negeri 14 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul
Ulumuddin, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Utami, M.Hum. Agustus 2019.
Kata Kunci: Penerapan, model think talk write, menulis teks biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan keterampilan menulis
yang dimiliki oleh peserta didik. Hal itu disebabkan peserta didik kesulitan
menemukan ide dan gagasan. Melihat kondisi tersebut pendidik perlu
meningkatkan kreatifitas dalam memilih model pembelajaran yang tepat dan
sesuai dengan kondisi peserta didik. Salah satu model pembelajaran inovatif yang
dapat diterapkan pendidik dalam pembelajaran menulis teks biografi adalah model
think talk write.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model think talk write dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta
didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan
dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model think talk write
dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri
14 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik nontes. Sumber data penelitian ini berupa proses belajar mengajar menulis
teks biografi dengan model think talk write. Adapun data penelitian berupa respon
dan semua perilaku peserta didik selama dalam proses pembelajaran menulis teks
biografi dengan model think talk write.
Hasil dari penelitian ini yaitu model think talk write dapat diterapkan
dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri
14 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Hasil tersebut dapat dibuktikan melalui
penggunaan model think talk write dapat mempermudah peserta didik dalam
berpikir, dan mengembangkan keterampilan berbicara, serta keterampilan
menulis. Penggunaan model tersebut dapat mempermudah peserta didik dalam
menemukan ide atau gagasan pokok pada teks biografi, menjadikan peserta didik
lebih aktif dan proses belajar mengajar menjadi efektif.Model think talk write
memudahkan peserta didik menulis teks biografi dengan menggunakan kata-kata,
bahasa, dan pemikirannya sendiri. Peserta didik mampu memahami isi teks
biografi dan mampu memaparkan hasil kerjanya.Bukti lain bahwa model think
talk write dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks biografi yaitu nilai
rata-rata peserta didik mencapai 85, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan oleh
sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik harus mampu
mempunyai variasi dan alternatif model yang hendak digunakan. Dengan adanya
variasi dan alternatif lain membuat peserta didik menjadi giat dalam belajar atau
tidak merasa jenuh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7913 |