SETYANINGRUM, YAYUK (2020) PERAN GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALONTAR 03 KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YAYUK SETYANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
YAYUK SETYANINGRUM, “Peran Guru kelas dalam Pembentukan Karakter
Disiplin pada Siswa Kelas V SD Negeri Tegalontar 03 Pekalongan”, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Bapak Dr. Rahmat Rais,
S.Ag.,M.Ag. dan Dosen pembimbing II Ibu Eka Sari Setianingsih, S.Pd.,M.Pd.
September, 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terbentuknya karakter
disiplin pada diri peserta didik dilingkungan sekolah maupun pada kehidupan
sehari-hari. Hal tersebut disebabkan karenaadanya peran guru di sekolah yang
selalu memberi nasihat dan memberi contoh kepada peserta didiknya untuk
melakukan kegiatan disiplin.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam
pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas V di SDN Tegalontar 03 Kabupaten
Pekalongan, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam
pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas V di SDN Tegalontar 03
Kabupaten Pekalongan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas dalam pembentukan karakter
disiplin pada siswa kelas V SD Negeri Tegalontar 03 Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus.
Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V, serta kepala sekolah.
Objek dari penelitian ini adalah pembentukan karakter disiplin pada siswa. Data
dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan
angket.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru kelas sangat berperan
(menentukan) dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa dengan
menggunakan 3 (tiga) teknik yaitu; 1) Teknik Inner Control yaitu keteladanan
dalam segala aspek kehidupan sekolah sebagaimana dituangkan dalam peraturan
Sekolah. 2) Teknik External Control yaitu menegakkan peraturan Sekolah dengan
dua cara yaitu: Pertama memberikan hukuman yang bersifat mendidik kepada
siswa
yang
melanggar
peraturan
(tidak
disiplin).
Kedua
memberi
pujian/hadiah/respon positif bagi siswa yang disiplin (tidak melanggar peraturan).
3) Teknik Cooperative Control yaitu mengadakan kerjasama yang diwujudkan
dalam bentuk kontrak kerja yang berisi peraturan disiplin sekolah berupa tata tertib
dan sanksinya bagi yang melanggarnya.
Saran disampaikan kepada Kepala sekolah, Beliau hendaknya lebih tegas
dan menjadi contoh dan teladan yang baik bagi guru dan siswanya. Sedangkan guru
hendaknya memberikan variasi dalam menyampaikan pembelajaran dan tegas
dalam mendisiplinkan siswa-siswanya agar siswa tidak semaunya sendiri serta
siswa tidak mengacuhkan aturan yang sudah ada dan sudah berlaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:36 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7912 |