PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII MTs NU PROTOMULYO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DEWI, YAUMI OKTAVIA PUTRI (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII MTs NU PROTOMULYO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YAUMI OKTAVIA PUTRI DEWI.pdf] Text
YAUMI OKTAVIA PUTRI DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yaumi Oktavia Putri Dewi “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Psikodrama dalam meningkatkan Konsep Diri
Siswa Kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Taahun Pelajaran 2019/2020”.
Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang.2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak dari siswa yang kurang
memiliki rasa percaya diri, kurang mengetahui kelebihan dan kekurangan diri
sendiri, sehingga siswa merasa malu dan tidak berani dalam mengungkapkan
pendapat.
Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah Apakah ada
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Dalam
Meningkatkan Konsep Diri siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo? Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsep diri
siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo melalui layanan bimbingan kelompok
dengan teknik psikodrama.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-
ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test dan
Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU
19 Protomulyo dengan jumlah siswa 55 siswa. Sampel yang diambil adalah 10
siswa dengan menggunakan teknik Multistage Sampling. Dalam penelitian ini
diperoleh melalui instrument penelitian skala konsep diri dengan empat alternatif
jawaban. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas instrumen
menggunakan korelasi Product Moment, terdapat 12 item valid dan 20 item tidak
valid. Sedangkan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha dari Cronbach
instrument yang digunakan di nyatakan reliabel. Dan hipotesis penelitian dengan
menggunakan t-test atau uji-t.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan teknik statistic
deskriptif memperoleh data statistic sebelum treatment (pre-test) adalah 28,7 dan
data statistik setelah treatment (post-test) rata-rata sebesar 33,5. Hasil statistik
diuji dengan t-test memperoleh hasil sebesar 1,833 dengan taraf signifikan 5%.
Peningkatan rata-rata konsep diri siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo. Hal
ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebelum diberi perlakuan atau
treatment dengan setelah diberi perlakuan atau treatment. Uji hipotesis diperoleh
thitung (3,5) > ttabel (1,833), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dalam
meningkatkan konsep diri siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo tahun
pelajaran 2019/2020”.
Saran yang dapat penelitian sampaikan hendaknya guru pembimbing
mampu memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikorama
sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga tujuan pemberian layanan bimbingan
kelompok dapat tercapai.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Konsep
Diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:35
Last Modified: 19 Nov 2024 04:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item
View Item