OKTAFIANI, AULIA RAHMAH (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AULIA RAHMAH OKTAFIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Aulia Rahmah Oktafiani. NPM 15410145. Keefektifan Penggunaan
Media Komik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Peserta
Didik Kelas VII SMP Negeri 29 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dra. Ambarini Asriningsari, M.Hum. dan Dosen Pembimbing II
Setia Naka Andrian, S.Pd,.M.Pd. September 2019.
Kata Kunci : Keefektifan Penggunaan Media Komik, Pembelajaran
Menulis Teks Cerita Fantasi
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan inovasi penggunaan media
pembelajaran supaya lebih bervariasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada
peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Semarang. Dengan latar belakang tersebut
maka perlu adanya variasi media dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu
media komik dengan harapan pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil
pembelajaran menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil pembelajaran materi menulis teks cerita fantasi dengan menerapkan media
komik.
Berdasarkan latar belakang berikut, maka perlu dilakukan sebuah
penelitian untuk membuktikan keefektifan penggunaan media komik dalam
pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik SMP Negeri 29
Semarang tahun pelajaran 2019/2020
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes.
Teknik tes berupa menulis teks menulis cerita fantasi sedangkan teknik nontes
adalah observasi peserta didik, dan pendidik. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Semarang. Sedangkan sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G dan VII H.
Berdasarkan perhitungan pada uji normalitas kedua kelas yang di uji
dengan uji liliefors hasil perhitungan Lhitung pada kelas kontrol adalah 0,11455
dan Lhitung kelas eksperimen 0,12316. Ltabel dengan N1=32 dan N2=32 maka Ltabel =
0,15666. Jadi jika disimpulakan maka Lhitung < Ltabel maka Lhitung diterima. Dari
hasil perhitungan X2
hitung = 0,023025 dan dikonsulkan dengan X2
tabel untuk taraf
signifikan α 5% dengan dk = 2-1 =1 adalah 3,841 sehingga bisa disimpulkan
bahwa X2
hitung < X2
tabel yaitu dengan nilai 0,023025 < 3,841 maka X2
hitung. Pada
uji t yang telah dihitung menggunakan rumus uji t didapat nilai thitung dalam
penelitian ini adalah 2,246. Sedangkan ttabel dalam penelitian ini adalah taraf α 5%
dengan df = n1 + n2 -2= 32 +32 -2 = 62. Taraf signifikan α 5% dari df= 62 ttabel
adalah 1,99. Maka dari hasil perhitungan pada uji t hasilnya adalah thitung > ttabel
yaitu 2,246 > 1,99 Ha diterima.
Hasil dari penelitian ini terdapat keefektifan penggunaan media komik
dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP
Negeri 29 Semarang yang dibuktikan dari hasil pembelajaran nilai rata- rata antara
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan nilai rata- rata 74
sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata- rata 80.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7906 |