PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS ATAS SD N 03 GEBUGAN KABUPATEN SEMARANG

PAMUNGKAS, YASDIKA RENGGA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS ATAS SD N 03 GEBUGAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YASDIKA RENGGA PAMUNGKAS.pdf] Text
YASDIKA RENGGA PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Yasdika Rengga P. “Penerapan model pembelajaran teams games tournament
(TGT) terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas atas SD N 03
Gebugan Kabupaten Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial
dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara dengan
guru Penjasorkes bahwa disekolah tersebut belum menerapkan model
pembelajaran teams games tournament (TGT). Siswa merasa bahwa pembelajaran
penjasorkes dengan materi lompat jauh gaya jongkok itu membosankan karena
pembelajaran lompat jauh cenderung monoton dan kurang menarik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
teams games tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD N
03 Gebugan Kabupaten Semarang.
Penelitian ini merupakan Pre-eksperimen design dengan Pre-test Post-test
control group peneliti menggunakan sampling jenuh dengan mengambil satu
kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 6
Laki-laki dan 15 Perempuan dan kelas eksperimen yaitu kelas V yang berjumlah
10 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan
rubrik penilaian untuk mengetahui post-test setelah mendapat perlakuan. Peneliti
menggunakan hasil hitung dengan progam SPSS.
Hasil penelitian pretest dan posttest menunjukan adanya perbedaan rata-rata
hasil belajar pretest kelas control 45 dan posttetst 48,45 berdasarkan uji t
diketahui hasil belajar (5,539 dan signifikansi 0.000 < a= 0,05) dan persentase
peningkatan 3,39%. Sedangkan kelas eksperimen pretest 65,57 dan posttest 87,3
berdasarkan uji t diketahui hasil belajar (3,398 signifikansi 0.002 < a=0.05) dan
persentase peningkatan 14,21%.
Berdasarkan hasil data diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)
terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas atas SD N 03
Gebugan Kabupaten Semarang. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah
penerapan model pembelajaran Teams games tournament (TGT) dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: TGT, Lompat Jauh, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:29
Last Modified: 19 Nov 2024 04:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7901

Actions (login required)

View Item
View Item