PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA DAN NENEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH

MULYANTI, NANIK MEI (2020) PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA DAN NENEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NANIK MEI MULYANTI.pdf] Text
NANIK MEI MULYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

The background of this research is that inconsistent parenting will
improve safety and transition problems in children. Its independence is less than
optimal. This research proves specifically about the differences in parenting and
parenting in preschoolers related to the development of independence of preschoolers.
This type of research is field research by describing and analyzing phenomena,
events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions, thoughts of individuals and
groups by understanding social phenomena from the perspective of participants
through interview techniques and direct interviews about the development of
children's independence in Pringsurat Village Kajen District, Pekalongan Regency.
The results of this study indicate a portion of parental care with parental care.
Grandmother's care arises with the problem of disappointment in children and the
distance between generations. Grandma's parenting has become less successful
compared to the parenting practices adopted by parents in integrating children as
social actors (the development of children's independence), especially in the
relationships of children and daily life that is developed from children's activities that
are carried out independently. Grandma can indeed help with childcare, but does not
give full responsibility to the care of preschool children.
Keywords: Parenting Parents and Grandmothers, Development of Preschool
Children Independence
Abstrak. Latar belakang peneltian ini adalah pola asuh yang tidak konsisten akan
memicu masalah perilaku dan emosi pada anak. Kemandiriannya menjadi kurang
optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris tentang
perbedaan pola asuh orang tua dan pola asuh nenek pada anak usia prasekolah terkait
perkembangan kemandirian anak usia prasekolah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa,
aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual
maupun kelompok dengan memahami fenomena-fenomena sosial dari perspektif
partisipan melalui teknik wawancara dan observasi secara langsung tentang
pengembangan kemandirian anak di Desa Pringsurat Kecamatan Kajen Kabupaten
2
Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan dari pengasuhan
oleh nenek dengan pengasuhan oleh orang tua. Pengasuhan oleh nenek muncul
masalah adanya kekecewaan dalam diri anak-anak dan juga adanya jarak antar
generasi. Pengasuhan oleh nenek menjadi kurang berhasil dibanding pola asuh yang
diterapkan oleh orang tua dalam mengintegrasikan anak sebagai aktor sosial
(berkembangnya kemandirian anak), terutama dalam sikap anak dan kehidupan
sehari-hari yang diukur dari kegiatan anak yang dilakukan secara mandiri. Nenek
memang dapat membantu pengasuhan anak, tetapi tidak diberikan tanggung jawab
secara penuh dalam pengasuhan anak prasekolah.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua dan Nenek, Perkembangan Kemandirian Anak
Prasekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:30
Last Modified: 19 Nov 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7900

Actions (login required)

View Item
View Item