ANDINI, YASA RISKI (2019) REAKTUALISASI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK-CUBLAK SUWENG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YASA RISKI ANDINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
YASA RISKI ANDINI. NPM 15120251. “Reaktualisasi Permainan
Tradisional Cublak Cublak Suweng dalam Pendidikan Karakter pada Siswa
Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Ari Widyaningrum,S.Pd, M.Pd. Dosen
Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd, M.Or. 2019.
Permainan tradisional cublak-cublak suweng semakin berkembangnya
jaman telah tergantikan dengan permainan modern. Permainan tradisional
dapat tereaktualisasi jika didukung dengan unsur unsur pendukung misalnya
lembaga pendidikan. Masyarakat memerlukan lembaga pendidikan sebagai
salah satu upaya yang tepat untuk mengenalkan kembali permainan tradisional
kepada generasi penerus bangsa. Secara tidak langsung siswa mengenal
kembali permainan tradisional dapat melestarikan budaya lokal jawa dan
mengambil nilai karakter untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Peneliti
ingin mengetahui bagaimana cara mereaktualisasi permainan tradisional
cublak-cublak suweng sehingga siswa tertarik untuk memainkan dan ikut
melestarikan permainan tersebut.
Penelitian
ini
menggunakan
pendekatan
deskriptif
kualitatif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode: wawancara,
observasi, kuesioner dan dokumentasi.
Dari penelitian ini menunjukan bahwa reaktualisasi permainan tradisional
cublak-cublak suweng sangat penting, proses mereaktualisasinya yaitu dengan
cara siswa wajib memainkan berbagai jenis permainan tradisional termasuk
salah satunya cublak-cublak suweng setiap hari jumat, setelah melaksanakan
jumat bersih atau senam pagi. Pihak sekolah juga memfasilitasi peralatan
permainan tadisional. Hasil dari reaktualisasi permainan tradisional cublak-
cublak suweng siswa dapat menerapkan nilai karakter yang didapkan dari
permainan tersebut, nilai karakter yang didapatkan yaitu nilai karakter kreatif
dan nilai karakter bersahabat/ komunikatif.
Peneliti berharap hendaknya memberikan inovasi baru kepada siswa siswi
di sekolah untuk melestarikan permainan tradisional bukan hanya dilingkungan
sekolah akan tetapi dilingkungan rumah sekaligus, sehingga siswa bisa
mengajak teman sebaya nya untuk ikut melestarikan permainan tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7899 |