ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI KELAS I SEKOLAH DASAR

RISNAWATI, NANI (2020) ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI KELAS I SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NANI RISNAWATI.pdf] Text
NANI RISNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NANI RISNAWATI. NPM 15120333. “Analisis Nilai Karakter Pada
Buku Siswa Tema Lingkungan Besih, Sehat, dan Asri”. Skripsi. Program
Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Endah Rita S. Dewi, S.Si., M.Si, Pembimbing
II Ikha Listyarini S.Pd.,M Hum Universitas PGRI Semarang 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena melemahnya nilai karakter karna
perkembangan zaman. Hal ini terbukti maraknya aski kekerasan antar
pelajar Penanaman nilai karakter sejak dini sangat dibutuhkan melalui buku
yang mereka baca dan pelajari yaitu melalui buku siswa. Salah satu
upayanya melalui pendidikan karakter dengan menganalisis nilai karakter
pada buku teks tema lingkungan bersih, sehat, dan asri kelas I Sekolah
Dasar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai karakter apa sajakah
yang terdapat dalam buku teks tematik tema lingkungan bersih, sehat, dan
asri kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis nilai karakter yang terdapat dalam buku teks tematik tema
lingkungan bersih, sehat, dan asri kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku teks
tema lingkungan bersih, sehat dan asri Sekolah Dasar yang disunting dan
diterbitkan oleh Kemendikbud. Data dalam penelitian ini meliputi teks
bacaan dan gambar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data
berupa wawancara tidak terstruktur dan teknik simak dan catat. Data
dianalisis dengan menyimak dan menelaah seluruh kata, kalimat dan
gambar. Peneliti mancatat data yang ditemukan dengan menggunakan tabel
analisis nilai karakter. Peneliti menentukan nilai karakter data tersebut dan
selanjutnya memeriksa keabsahan data dan menyimpulkan hasil analisis.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa di
dalam buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas I Sekolah Dasar
tema lingkungan bersih, sehat, dan sehat yang telah disunting dan
diterbitkan oleh Kemendikbud, terdapat empat belas nilai karakter. Nilai-
nilai karakter tersebut di integrasikan ke dalam teks bacaan, kalimat,
maupun gambar yang ada pada buku tersebut. Dalam penanaman nilai
karakter dibutuhkan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua.
Saran yang dapat peneliti sampaikan sebaiknya dalam menanamkan
nilai karakter pada diri anak tidak hanya dalam proses pembelajaran, akan
tetapi dapat dilakukan melalui proses pembiasaan pola prilaku dalam
kehidupan sehari-hari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:26
Last Modified: 19 Nov 2024 04:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7896

Actions (login required)

View Item
View Item