PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS BIOGRAFI PADA KELAS X MAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GAHARA, NANDA REMBA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS BIOGRAFI PADA KELAS X MAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NANDA REMBA GAHARA.pdf] Text
NANDA REMBA GAHARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nanda Remba Gahara, NPM 15410081. Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menulis Biografi pada Kelas X
MAN 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang pada tanggal 2
Mei 2019. Pembimbing I Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd. dan
Pembimbing II Icuk Prayogi, S.S., M.A.
Kata kunci: Penerapan, model Pembelajaran Berbasis Masalah, menulis
teks biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran peserta didik di
kelas yang monoton dan kemampuan menulis peserta didik. Hal ini dilihat
dari pembelajaran di kelas saat guru mengajar masih menggunakan
metode ceramah dan hasil perolehan nilai yang masih rendah dibawah
kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Melihat kondisi tersebut perlu
adanya penggunaan sebuah model pembelajaran yang tepat agar peserta
didik lebih tertarik dengan pembelajaran menulis biografi pada kelas X
MAN 1 Semarang. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah
model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah
penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam menulis biografi
pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun
tujuan
dilaksanakanya
penelitian
ini
yaitu
untuk
mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam
menulis biografi pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran
2018/2019.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
teknik tes dan nontes, teknik tes dilakukan melalui tes menulis teks
biografi berdasarkan permasalahan dari tokoh yang telah didiskusikan dan
teknik nontes dilakukan melalui lembar observasi pembelajaran dan
lembar angket peserta didik. Pendekatan yang digunakan deskriptif
kualitatif. Populasi penelitian ini sebanyak seluruh 451 peserta didik
dengan sebanyak 12 kelas. Sempel penelitian diambil dari kelas X MIPA 4
dengan jumlah peserta didik sebanyak 38.
Hasil yang dieperoleh dengan menerapkan model Pembelajaran
Berbasis Masalah dalam menulis biografi pada kelas X MAN 1 Semarang
tahun pelajaran 2018/2019. Kemampuan peserta didik dalam menulis teks
biografi mendapatkan kategori sangat baik. Peserta didik dapat menulis
teks biografi berdasarkan permasalahan yang telah didiskusikan bersama.
Dengan
menggunakan
model
Pembelajaran
Berbasis
Masalah
pembelajaran menjadi terlihat lebih aktif. Hal itu dapat dilihat dari hasil
rata-rata nilai sebesar 80 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60
dari 8 peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:22
Last Modified: 19 Nov 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item
View Item