PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG JAWI DI KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG

Triyatna, Nanda Eva (2020) PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG JAWI DI KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Nanda Eva Triyatna.pdf] Text
Nanda Eva Triyatna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan
pada
penelitian
ini
adalah
untuk
mengetahui
strategi
pengembangan desa wisata Kampung Jawi di Kecamatan Gunung Pati, Kota
Semarang. Kampung Jawi adalah satu diantara banyak kampung tematik di Kota
Semarang yang mengangkat potensi kebudayaan Jawa dalam pengembangannya
sebagai tempat wisata. Kampung Jawi sekarang masih berada pada tahap awal
dalam perkembangan menjadi desa wisata. Berbagai kendala yang dihadapi
Kampung Jawi diantaranya tidak meratanya pengunjung yang datang dan
kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berakibat pada kurangnya
pengawasan terhadap wisatawan yang datang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitati deskriptif.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan random
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain observasi lapangan,
wawancara dan kuesioner yang dilakukan pengelola Kampung Jawi dan 100
pengunjung. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan untuk strategi SO perlu meningkatkan
kualitas pelayanan terhadap wisatawan, menigkatkan variasi produk penunjang
wisata, meningkatkan dan mempertahankan daya tarik wisata, meningkatkan
promosi dengan menggunakan media internet seperti IG, Facebook, Website dan
Twitter. Sedangkan strategi ST perlu mengembangkan atraksi-atraksi lokal yang
menarik, dibuat Early Warning System (EWS), menawarkan produk-produk
wisata lokal yang berkualitas, meningkatkan Key Person agar dapat
mempertahankan budaya lokal. Strategi WO perlu peningkatan kualitas SDM
terutama di bidang pariwisata, Mengubah mindset masyarakat Kampung Jawi
menjadi masyarakat pariwisata, penambahan fasilitas wisata yang disesuaikan
dengan aspek lingkungan dan peningkatan promosi wisata yang menarik.
Sedangkan strategi WT perlu peningkatan kualitas SDM terutama di bidang
pariwisata, Mengubah mindset masyarakat kampung jawi menjadi masyarakat
pariwisata, penambahan fasilitas wisata yang disesuaikan dengan aspek
lingkungan, peningkatan promosi wisata yang menarik.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Kampung Jawi, Strategi Pengemb

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:19
Last Modified: 19 Nov 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item
View Item