PERAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP DISABILITAS DI TK TALENTA

INDARTI, IIN (2020) PERAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP DISABILITAS DI TK TALENTA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Iin Indarti 14150069.pdf] Text
Iin Indarti 14150069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Iin Indarti. NPM 14150069. “Peran Keluarga dan Masyarakat terhadap
Disabilitas di TK Talenta”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Purwadi,
S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang penelitian adalah masih banyak anak disabilitas ditengah
masyarakat. Anak disabilitas memiliki hak yang sama dengan anak - anak lainnya.
Tidak adanya peran masyarakat dan keluarga inilah yang menjadikan anak
disabilitas tidak mendapatkan apa yang menjadi haknya yaitu untuk diakui
keberadaannya dan disayangi. Anak berhak untuk mendapatkan pendidikan maka
dari itu peran keluarga dan masyarakat terhadap disabilitas sangat di butuhkan.
Metode penelitian adalah kualitatif sering disebut metode penelitian
naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah; disebut
sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan analisanya lebih
bersifat diskripsi.
Dengan adanya peran keluarga sangat membantu anak disabilitas untuk
tumbuh dan berkembang secara maksimal. Pembiasaan anak dilakukan terus
menerus akan menjadi kebiasaan sehingga anak mampu mengatasi permasalahan
yang dihadapi anak itu sendiri. Masyarakat sangat berperan dalam memberikan
informasi tetang sekolah dan tempat terapi yang bisa menerima anak-anak
disabilitas.
Saran orangtua meneruskan pembiasaan yang sudah dilakukan disekolah dan
menyayangi bukan mengasihi anak.
Kata kunci: anak disabilitas, peran keluarga (orang tua)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:17
Last Modified: 19 Nov 2024 04:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item
View Item