PERAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERKONSTITUSI SISWA DI MA SYAROFUL MILLAH SEMARANG

NUGROHO, YANUAR ARI (2020) PERAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERKONSTITUSI SISWA DI MA SYAROFUL MILLAH SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yanuar Ari Nugroho.pdf] Text
Yanuar Ari Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yanuar Ari Nugroho NPM. 13210026. Penanaman kesadaran berkonstitusi
terhadap siswa di sekolah bertujuan untuk meminimalisir sikap yang tidak sesuai
dengan Pancasila, mengingat budaya masyarakat millenial khususnya dikalangan
anak muda di Indonesia saat ini mengalami krisis, maka salah satu cara untuk
memutuskan rantai gejolak dikalangan anak muda yaitu dengan menanamkan
kesadaran berkonstitusi terhadap siswa sekolah. Rumusan masalah skripsi ini
adalah Bagaimanakah menanamkan sikap kesadaran berkonstitusi (studi kasus di
MA Syarofil Millah). Tujuan skripsi ini adalah untuk program apa yang dibuat
oleh sekolah upaya untuk meningkatkan kesadaran berkonstitusi (studi kasus di
MA Syarofl Millah).
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat
kualitatif. Seting penelitiannya di MA Syarofil Millah. Fokus penelitian ini terdiri
dari Merencanakan program kegiatan kesadaran konstitusi, Penerapan program
kesadaran konstitusi,Mengembangkan program kesadaraan konstitusi dan
Evaluasi program kesadaran konstitusi di MA Syarofatul Millah. Sumber data
dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer (subjek yang diwawancarai)
dan sumber data sekunder (gambar foto, struktur organisasi dll). Teknik yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa MA Syarofil Millah menerapkan
program kesadaran berkontitusi sebagai upaya untuk menanamkan cinta tanah air
kepada siswa,perencanaan dilakukan dengan merelasikan dengan aturan yang ada
kemudian guru menyontohkan dengan sikap. Evaluasi yang dilakukan yaitu dalam
bentuk evaluasi sikap, dengan dilakukannya evaluasi maka guru akan mengetahui
keberhasilan penerapan kesadaran berkonstitusi. Yang menjadikan program
kesadaran berkonstitusi memiliki kendala adalah penerapannya yang terkendala
pembelajaran daring karena COVID-19,sehingga minim kontak guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:23
Last Modified: 19 Nov 2024 04:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item
View Item