ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD DESA GUNUNGWUNGKAL PATI

RAHARJO, ILHAM (2020) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD DESA GUNUNGWUNGKAL PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IILHAM RAHARJO_16120096.pdf] Text
IILHAM RAHARJO_16120096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ILHAM RAHARJO. NPM 16120096 “Analisis Faktor Kesulitan
Belajar Matematika Di Kalangan Siswa Kelas III Desa Gunungwungkal
Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Konteks penelitian ini adalah tentang menganalisis kesulitan belajar
peserta didik kelas III di Desa Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal
Kabupaten Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Penelitian ini bersifat
kualitatif, yaitu mendeskripsi data-data yang diperoleh di lapangan. Informasi atau
data penelitian ini berupa pemahaman terhadap makna, baik ini diperoleh dari
data yang berupa interaksi lisan dengan responden, maupun berupa tulisan yang
diperoleh melalui data catatan-catatan resmi lainnya. Deskripsi penelitian berisi
kutipan-kutipan yang disusun dalam bentuk sebuah narasi. Rancangan penelitian
yang digunakan juga merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan
sesuai dengan apa yang tercantum pada hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah 1) Kesulitan yang dialami siswa adalah belum
adanya metode berhitung pembagian yang mudah dipahami dan mudah diingat
oleh peserta didik. Peserta didik selama ini selama ini masing menggunakan cara-
cara manual tanpa ada inovasi baru yang diajarkan oleh guru. Sebagian peserta
didik masih kesulitan dalam menghitung pembagian dengan bilangan besar. 2)
Faktor yang berpengaruh terhadap kesulitan siswa dalam memahami perhitungan
pembagian adalah kemampuan siswa dalam berhitung rendah. Peserta didik
sebagian besar tidak menyukai pelajaran Matematika. Mereka menganggap
Matematika sebagai materi yang sulit. Banyak peserta didik yang merasa pusing
ketika mengikuti pelajaran Matematika. 3) Guru telah menggunakan media
pembelajaran yang sesuai dengan materi. Guru juga telah menyediakan buku-
buku pelajaran yang dibutuhkan oleh siswa. Solusi lain adalah penyelenggaran
belajar kelompok bagi siswa di lingkungan rumah..
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi
guru agar segera mendeteksi kesulitan belajar siswa agar segera dapat diatasi.
Bagi siswa agar memperhatikan penjelasan guru ketika menggunakan media gar
lebih meningkatkan pemahaman tentang konsep pembagian.
Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar, Materi Pembagian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:15
Last Modified: 19 Nov 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item
View Item