ISLAMIYAH, YAKUT ROIKHATUL (2020) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DI MTs TAQWAL ILAH SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YAKUT ROIKHATUL ISLAMIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Yakut Roikhatul Islamiyah “Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil
Belajar Passing Bawah Bola Voli di MTs Taqwal Ilah Semarang” Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2020.
Penelitian dilatar belakangi minimnya siswa tidak dapat menerima materi
dengan baik. Rumusan masalahnya ingin mengetahui pengaruh metode
pembelajaran hypnoteaching terhadap hasil belajar teknik dasar passing bawah
bola voli pada siswa kelas VII di Mts Taqwal Ilah Semarang. Tujuanya adalah
mengetahui apakah metode hypnoteaching berpengaruh terhadap hasil belajar
passing bawah bola voli pada siswa kelas VII di Mts Taqwal Ilah Semarang.
Instrumen berupa kuesioner, lembar penilaian pengetahuan, lembar penilaian
ketrampilan dan RPP. Penulis mengimplementasi pada siswa kelas VII dengan
menerapkan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Hypnoteaching. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dalam bentuk
Pretes-Posttest Control Group Design.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai uji t pada kelas eksperimen VII
A dengan tingkat signifikansi 0,039. Karena nilai thitung 2,142 > dari nilai ttabel
2,028 dan tingkat signifikansi 0,009 < probabilitas signifikansi α = 0,05, maka H0
ditolak dan Ha diterima. Kelas kontrol VII B dengan tingkat signifikansi 0,776.
Karena nilai thitung 0,287 < dari nilai ttabel 2,028 dan tingkat signifikansi 0,776 >
probabilitas signifikansi α = 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maka H0
ditolak dan Ha diterima. Metode pembelajaran hypnoteaching efektif terhadap hasil
belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas ekperimen VII A, dibandingkan
dengan kelas kontrol VII B yang menggunakan perlakuan metode konversional
atau ceramah.
Kesimpulan : Pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching lebih
efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam
meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam bola voli pada
kelas VII MTs Taqwal Ilah Semarang.
Saran
: Pembelajaran bagi siswa harus menyenangkan dan bervariasi, agar tidak
membuat peserta didik cepat cepat bosan, dan jenuhsehingga dalam
penyerapan materi terhadap teknik yang diberikan akan menjadi lebih
baik
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Hypnoteaching, Passing Bawah Bola Voli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:13 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7886 |