PENERAPAN MODEL PERMAINAN MOVE AND PROVE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS TAHUN 2019

Umaroh, Ifa Arif Nurwahida (2020) PENERAPAN MODEL PERMAINAN MOVE AND PROVE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS TAHUN 2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ifa arif.pdf] Text
ifa arif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ifa Arif Nurwahida Umaroh. “ Penerapan model permainan move and prove
dalam pembelajaran PJOK materi bola basket untuk meningkatkan hasil belajar
chest pass tahun 2019”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu adanya keterbatasan
sarana prasarana untuk pembelajaran materi bola basket, maka pembelajaran di
MTs Sudirman Ngampin Ambarawa tidak diajarkan. Rumusan masalah
penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model permainan move and prove
dalam pembelajaran PJOK materi bola basket untuk meningkatkan hasil belajar
chest pass tahun 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar chest pass melalui penerapan model permainan move and prove dalam
pembelajaran PJOK materi bola basket tahun 2019.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif
dengan jenis metode penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VII MTs Sudirman Ambarawa dan siswa kelas VII A SMP N 5
Ambarawa menggunakan sampel total sampling. Teknik pengambilan sampel
dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain Pre test post test control
group design. Metode analisis data menggunakan uji perbedaan dengan
paired sample-t-test dengan taraf signifikan 5%.
Penghitungan data diperoleh dari 20 siswa kelas VII MTs Sudirman Ngampin
(kelas eksperimen) dan 30 siswa kelas VII SMPN 5 Ambarawa (kelas kontrol)
diketahui tes normalitas kolmogorov – smimov nilai pre test kelas eksperimen
sig. 0,061, post test kelas eksperimen sig. 0,071, pre test kelas kontrol sig. 0,200,
post test kelas kontrol sig. 0,91. Uji homogenitas hasil belajar siswa diperoleh
sig. 0,960. Berdasarkan output pair 1 kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-
tailed) 0,000, dan output pair 2 kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000.
Simpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar chest pass
melalui penerapan model permainan move and prove. Kenaikan kelas eksperimen
sebesar 14,6%. Kenaikan Kelas Kontrol sebesar 11,8%. Saran, variasi model
permainan move and prove baik digunakan pada tingkat Sekolah Menengah
Pertama terutama pada MTs Sudirman Ngampin Ambarawa.
Kata Kunci: model permainan, hasil belajar, bola basket.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:07
Last Modified: 19 Nov 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7880

Actions (login required)

View Item
View Item