Hadi, Aulia Nanda Kurnia (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTU PREZI DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AULIA NANDA KH..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang banyak berperan penting dalam
menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari dan bidang pendidikan. Namun dalam
kenyataannya arti matematika sulit diwujudkan, sehingga perlu adanya hasil belajar untuk
menilai dan memilih informasi yang relevan untuk digunakan. Salah satu cara untuk
memengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament yang
memungkinkan siswa untuk bisa berperan aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran
lainnya adalah Think Pair Share dimana siswa juga akan terlibat aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adanya perbedaan hasil belajar siswa antara
model pembelajaran TGT berbantu prezi dan model pembelajaran TPS berbantu prezi dan
model pembelajaran konvensional. (2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TGT
berbantu prezi lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. (3) hasil belajar
siswa dengan model pembelajaran TPS berbantu prezi lebih baik daripada model
pembelajaran konvensional. (4) terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan menggunakan
model pembelajaran TGT berbantu prezi terhadap hasil belajar siswa. (5) terdapat pengaruh
keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS berbantu prezi terhadap
hasil belajar siswa. (6) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT
berbantu prezi dan model pembelajaran TPS berbantu prezi dapat mencapai ketuntasan
individual maupun klasikal. Jenis penelitian ini menggunakan desain Posttest Only Control
Design. Sampel penelitian menggunakan Cluster Rundom Sampling dari populasi siswa
kelas VII SMP PGRI 01 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Dalam pengumpulan data
menggunakan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
uji anava satu arah dengan taraf signifikansi 5% dilanjutkan dengan melakukan uji scheffe’
dan regresi linier sederhanauntuk mengetahui pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan uji anava diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 3.137 > 3.094 maka H0 ditolak
sehingga terdapat perbedaan kemampuan berikir kritis siswa. Perhitungan uji scheffe’
diperoleh Fhitung ≥ Ftabel yaitu untuk kelas TGT 5.716 ≥ 3.33 maka H0 ditolak, shingga hasil
belajar kelas TGT lebih baik dari kelas konvensional, sedangkan untuk kelas TPS diperoleh
3.395 ≥ 3.33 maka H0 ditolak, shingga hasil belajar kelas TPS lebih baik dari kelas
konvensional. Terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar
siswa. Terdapat ketercapaian KKM pada kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini
adalah pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran TGT dan TPS
berbantu prezi terhadap hasil belajar siswa SMP lebih efektif daripada pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci : Teams Games Tournament, Think Pair Share, Hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:18 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7877 |