DEWI, ICHTIYARI NUR SINTA MELATI (2020) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MENGENAL LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ICHTIYARI NUR SINTA MELATI DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Game edukasi tematik untuk anak berkebutuhan khusus merupakan
game
yang
digunakan
sebagai
media
pembelajaran
untuk
anak
berkebutuhan khusus. Selama ini pembelajaran untuk anak berkebutuhan
khusus dilakukan dengan metode yang konvesional yaitu dengan metode
ceramah. Metode pembelajaran dengan ceramah kurang diminati dan
membuat siswa cepat bosan. Guru membutuhkan media yang dapat
membantu mereka untuk mengajar agar para siswa tertarik untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi game
edukasi tematik dalam menarik minat belajar anak berkebutuhan khusus.
Dengan penggunaan teknologi augmented reality(AR) diharapkan siswa
dapat memahami materi yang disampaikan dengan memvisualisasikan objek
3D yang ada dilingkungan sekitar dan belajar menjawab kuis. Pembuatan
game edukasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle
(MDLC) terdiri dari Concept (Konsep) pada tahap ini digunakan untuk
menentukan tujuan dan siapa pengguna programnya, Design (Perancangan)
setelah
dilakukan
pengonsepan
perancangan
dilakukan
dengan
menggunakan UML, Material Collecting (Pengumpulan bahan) pada
tahapan ini pengumpulan bahan yang diperlukan seperti contoh-contoh soal
untuk anak berkebutuhan khusus, Assembly (Pembuatan) pembuatan
aplikasi ini menggunakan Unity3D dan Vuforia, Testing (Pengujian)
pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian perangkat lunak ISO
9126 untuk mengetahui kelayakan aplikasi ini, dan tahap terakhir
Distribution (Pendistribusian). Hasil penelitian ini berupa pengenalan objek
sekitar dengan AR, game pengenalan huruf, pilihan ganda, puzzle dan
berhitung. Tingkat keberhasilan pengujian aplikasi menunjukan bahwa
aplikasi ini layak digunakan untuk anak berkebutuhan khusus dan aplikasi
berjalan
dengan
baik.
Saran
dari
penelitian
ini
adalah
dapat
dikembangkannya lagi aplikasi ini dengan menambahkan item-item AR
lainnya.
Kata kunci: Augmented Reality, Anak berkebutuhan khusus, android,
game edukasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7876 |