TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

CHAERUNNISA, NADIA (2020) TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NADIA CHAERUNNISA.pdf] Text
NADIA CHAERUNNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nadia Chaerunnisa. NPM 16410135. Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel
Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Skenario Pembelajarannya di SMA.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing II Dr. Asropah, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Murywantobroto, M.Hum.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa tuturan terjadi dalam percakapan antara
penutur dan mitra tutur. Percakapan tidak hanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Akan tetapi, dalam novel pun terdapat percakapan antar tokoh. Tuturan yang terdapat
dalam novel mengandung maksud yang ingin disampaikan penutur kepada mitra tutur
seperti menyampaikan informasi, perasaan, maupun pikiran melaui bahasa tulisan.
Dalam proses komunikasi tersebut akan memunculkan tindak tutur. Dalam novel pun
terdapat tindak tutur yang terjadi dalam percakapan antar tokoh. Salah satu jenis
tindak tutur yang terdapat dalam novel adalah tindak tutur ekspresif. Tindak tutur
ekspresif digunakan untuk menyatakan atau mengekspresikan sesuatu yang dirasakan
oleh penutur kepada mitra tutur. Penelitian tindak tutur ekspresif dilakukan untuk
mengkaji mengenai makna yang sebenarnya dalam novel Orang-orang Biasa karya
Andrea Hirata sehingga pembaca dapat memahami makna cerita dalam novel dan
mengambil pelajaran dari novel lebih mudah. Kajian mengenai tindak tutur ekspresif
dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dapat dijadikan sebagai salah
satu pembelajaran di SMA terutama jika dihubungkan dengan pengetahuan berbahasa
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah wujud tindak
tutur ekspresif dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata? dan
Bagaimanakah skenario pembelajaran tindak tutur ekspresif dalam novel Orang-
Orang Biasa karya Andrea Hirata di SMA? Adapun tujuan yang dicapai adalah untuk
mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif dalam novel Orang-orang Biasa karya
Andrea Hirata dan mendeskripsikan skenario pembelajaran tindak tutur ekspresif
dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata di SMA.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini
adalah tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif dalam novel Orang-orang
Biasa karya Andrea Hirata. Metode dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode simak dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan peneliti itu sendiri atau human instrument dan kartu data.
Metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan.
Teknik penyajian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penyajian
informal.
Dari hasil analisis bahwa data yang ditemukan pada penelitian ini terdapat 52
wujud tindak tutur ekspresif dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata.
Tindak tutur ekspresif tersebut meliputi: tindak tutur ekspresif memuji, tindak tutur
ekspresif mengucapkan selamat, tindak tutur ekspresif mengeluh, tindak tutur
ekspresif menyalahkan, tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih dan tindak
ix
tutur ekspresif menyanjung. Tindak tutur ekspresif yang paling banyak ditemukan
adalah tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih sedangkan yang paling sedikit
ditemukan adalah tindak tutur ekspresif menyanjung. Skenario pembelajaran tindak
tutur ekspresif dalam novel Orang-orang Biasa karya Andrean Hirata diterapkan
dalam pembelajaran kebahasaan novel KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel
yang dibaca dengan menggunakan model cooperative learning. Dalam penerapannya,
guru menyampaikan materi kebahasaan dan tindak tutur ekspresif dalam novel, peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, peserta didik membaca novel Orang-orang
Biasa karya Andrea Hirata untuk mengamati kebahasaan dan wujud tindak tutur
ekspresif tuturan tokoh dalam novel sesuai dengan kelompok masing-masing, peserta
didik berdiskusi dengan kelompoknya dan membuat laporan hasil diskusi, peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi, peserta didik dan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
Saran yang dapat diberikan adalah bagi para peneliti yang tertarik dengan
tindak tutur dapat menggali lagi tentang jenis-jenis tindak tutur karena jenisnya
banyak, bagi peneliti yang akan melakukan penelitian mengenai tindak tutur ekspresif
hendaknya objek yang diteliti berbeda dengan penelitian ini. Saran bagi guru ketika
pembelajaran agar dapat memberikan pengetahuan tambahan di luar materi pokok
yang sedang diajarkan dan dapat menumbuhkan rasa cinta peserta didik terhadap suatu
karya sastra, salah satunya novel. Saran bagi peserta didik diharapkan mampu
memahami penggunaan tindak tutur eskpresif yang baik dan dapat memberikan
pembelajaran mengenai nilai kesopanan dalam bertutur kata untuk dapat diterampak di
kehidupan sehari-hari. Saran bagi pembaca dapat menambah wawasan dan
pengetahuan mengenai tindak tutur ekspresif dan diharapkan nantinya dapat dijadikan
pedoman dalam bertutur dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.
Kata kunci: Tindak tutur ekspresif, novel Orang-orang Biasa, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:05
Last Modified: 19 Nov 2024 04:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item
View Item