Azkiyah, Aulia (2019) EFEKTIVITAS STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING AND TRANSFERING (REACT) DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Aulia Azkiyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pentingnya kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Bertujuan untuk mengetahui
efektivitas strategi pembelajaran REACT dan strategi pembelajaran Index Card
Match berbantuan Macromedia Flash terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMP. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 27 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan
teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1
yang diberi perlakuan strategi REACT berbantuan Macromedia Flash, kelas VIII
A sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan strategi Index Card Match
berbantuan Macromedia Flash, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang diberi
perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji anava satu arah, uji pasca anava dengan metode
scheffe’, uji regresi linier sederhana, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
yang mendapat strategi pembelajaran REACT berbantuan Macromedia Flash,
strategi pembelajaran Index Card Match berbantuan Macromedia Flash, dan
pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
dengan strategi pembelajaran REACT dan strategi pembelajaran Index Card
Match berbantuan Macromedia Flash lebih baik dari pembelajaran konvensional.
3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
yang mendapat strategi pembelajaran REACT berbantu Macromedia Flash,
dengan strategi pembelajaran Index Card Match berbantuan Macromedia Flash. 4)
Terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa pada strategi pembelajaran REACT berbantu Macromedia Flash dan pada
strategi pembelajaran Index Card Match berbantuan Macromedia Flash. 5)
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi
pembelajaran REACT berbantu Macromedia Flash dan strategi pembelajaran
Index Card Match berbantuan Macromedia Flash mencapai KKM.
Kata kunci: REACT, Index Card Match, Macromedia Flash, kemampuan
pemahaman konsep matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:03 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7871 |