JELITA, NABILLA SUCI DARMA (2020) ANALISIS DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK : STUDI KASUS DI SD NEGERI KEDUNGMUNDU SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NABILLA SUCI DARMA JELITA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Nabilla Suci Darma Jelita. NPM 16120318. “Analisis Dampak Bullying
Terhadap Kepercayaan Diri Anak : Studi Kasus di SD Negeri Kedungmundu
Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2020.
Banyak anak yang masih belum mendapatkan perlindungan di sekolah. Masih
banyak ditemukan kekerasan pada anak yang terjadi di sekolah Ditambah lagi
dengan kurangnya perhatian guru tentang bullying yang terjadi di lingkungan
sekolah seperti masih menganggap bahwa bullying adalah hanya guyonan dan
hanya kenakalan anak pada umumnya. Peran guru seharusnya dapat memberikan
pemahaman pada anak tentang perilaku bullying secara mendetail dan mendalam,
agar meminimalisir perilaku bullying.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah “analisis dampak bullying terhadap
kepercayaan diri anak di SD Negeri Kedungmundu Semarang”. Dengan rumusan
masalah “Bagaimana bentuk-bentuk bullying terjadi di SD Negeri Kedungmundu
Semarang ? Bagaimana dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak di SD
Negeri Kedungmundu Semarang ? Bagaimana pola penyelesaian bullying di SD
Negeri Kedungmundu Semarang terhadap kepercayaan diri anak ?
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak bullying terhadap
kepercayaan diri anak di SD Negeri Kedungmundu Semarang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan studi kasus yang berusaha
mendapat gambaran yang nyata mengenai analisis dampak bullying terhadap
kepercayaan diri anak di SD Negeri Kedungmundu Semarang. Teknik yang
digunakan adalah wawancara kepada pelaku dan korban bullying, guru dan kepala
sekolah, observasi mengenai dampak perilaku bullying terhadap kepercayaan diri
anak dan pemberian angket kepada pelaku dan korban bullying.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk bullying yang terdapat di SD
Negeri Kedungmundu Semarang adalah bullying verbal berupa mengejek,
menghina kekurangan fisik, memanggil nama orang tua. Bullying non verbal
berupa menendang, memukul, menarik kerudung, dan berkelahi. Bullying
relasional berupa pengucilan dan pengabaian. Dampak yang ditimbulkan dari
perilaku bullying terhadap kepercayaan diri adalah terdapat korban bullying yang
mengalami penurunan tingkat kepercayaan diri namun terdapat pula korban
bullying yang mengalami peningkatan kepercayaan diri karena perilaku bullying
tersebut menjadi motivasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:03 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7870 |